get app
inews
Aa Read Next : Inilah Aksi Perempuan Peduli Lingkungan yang Kumpulkan Jelantah

Inovasi Bernama Senopati, Pemilah Ikan dan Sampah dengan Manfaatkan AI

Rabu, 02 Oktober 2024 | 08:12 WIB
header img
Direktur Politeknik Negeri Cilacap Riyadi Purwanto (berbaju batik) tengah meninjau peralatan hasil inovasi Politeknik Negeri Cilacap (PNC) dengan PT Pertamina Patra Niaga Fuel Integrated Terminal Cilacap. (Foto: Istimewa)

Suradi juga menceritakan bahwa bantuan ini merupakan hasil inisiatif Kelompok Nelayan "Sembir", yang didirikan untuk memudahkan penjualan hasil tangkapan. Melalui usulan dari anggota kelompok, mereka berhasil mengajukan bantuan ke Pertamina dalam program Pemberdayaan Ekonomi Pesisir Segara Anakan Kutawaru Cilacap atau Pepes Sega K-Cap.


Nelayan di kawasan Segara Anakan, Kelurahan Kutawaru, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kini memanfaatkan AI. Inovasi ini didukung melalui program tanggung jawab sosial perusahaan oleh Pertamina Patra Niaga Fuel Integrated Terminal (Foto: iNewsPurwokerto)

Direktur Politeknik Negeri Cilacap, Riyadi Purwanto, menjelaskan bahwa Senopati merupakan hasil kerja sama akademisi dan mahasiswa PNC sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Alat ini menggunakan kecerdasan buatan yang memanfaatkan basis data berupa gambar ikan dan udang.

“Sebelum digunakan, kami membuat database dengan merekam gambar ikan dan udang yang kemudian diinput ke alat. Dengan demikian, alat ini dapat mengenali dan memilah ikan atau udang dari sampah,” jelas Riyadi.

Manajer Fuel Integrated Terminal Cilacap, Ahmad Delfhin Ananta, menegaskan bahwa bantuan ini adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. “Kami berharap program ini dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan nelayan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap, Sutirno, menyatakan bahwa nelayan harus mengikuti perkembangan teknologi untuk mempermudah pekerjaan mereka.

"Teknologi memilah ikan dan sampah serta alat pembuatan pelet berbahan elpiji sangat bermanfaat bagi nelayan, karena selain mengurangi beban kerja, juga menekan biaya produksi,"jelasnya.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut