get app
inews
Aa Read Next : Gerakan Dokter Tani Unsoed, Sambangi Kecamatan Kembaran Banyumas

Waspadai Fenomena Long Covid-19 

Senin, 07 Maret 2022 | 09:09 WIB
header img
Dr. Indah Rahmawati, SpP, Dokter Spesialis Paru FK Unsoed Purwokerto

Beberapa faktor resiko terjadinya Long Covid yang dilaporkan adalah jenis kelamin, usia, kondisi saat infeksi akut, etnis, penyakit komorbid dan BMI (body Mass Index). 

Penegakan diagnosis dilakukan dengan gejala yang persisten selama lebih dari 3 bulan pasca covid, dari pemeriksaan fisik dapat ditemukan kelainan atau tidak dan hingga pemeriksaan penunjang dari pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan radiologis, pemeriksaan faal paru, EKG dan penilaian kualitas hidup.

Gejala yang umum terjadi antara lain kelelahan, batuk, sesak napas, nyeri dada, nyeri atau gatal tenggorokan, nyeri otot atau sendi, gangguan kognitif, sakit kepala, diare, kecemasan, depresi, aktivitas terbatas dan terkadang juga ditemukan kelainan hasil pemeriksaan radiologis atau nilai faal paru pada sebagian kasus.

Tatalaksana long Covid-19 meliputi 2 bagian yaitu tatalaksana mandiri dan tatalaksana medis. 

Tatalaksana  mandiri yang dapat dilakukan di rumah antara lain diet makanan bergizi, tidur yang cukup, berhenti merokok, menghindari stress pikiran, meditasi, membatasi minuman beralkohol atau kafein, pemantauan saturasi oksigen perifer  dengan alat oksimetri disertai latihan fisis secara bertahap.

Tatalaksana mandiri ini dapat ditunjang dengan medis jika diperlukan seperti terapi simptomatik sesuai gejala yang muncul, terapi oksigen jangka panjang, latihan rehabilitasi paru, mengatasi infeksi sekunder yang mungkin terjadi dan konsumsi obat rutin sesuai komorbid pasien. 

Dengan melakukan tatalaksana ini secara keseluruhan dan dukungan moril oleh keluarga terdekat diharapkan dapat mempercepat penyembuhan gejala long COVID yang dirasakan serta meningkatkan kualitas hidup penyintas COVID-19. 


Penulis Dr. Indah Rahmawati, SpP
Dokter Spesialis Paru FK Unsoed Purwokerto
Anggota PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) Jawa Tengah
Anggota Tim Pendamping AKB Unsoed 2022

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut