get app
inews
Aa Read Next : LB Moerdani Minta Brimob Berintegrasi dengan TNI AD, Jenderal Berkumis Tebal Ini Tegas Menolak

Bintara Kopassus Ini Bikin Luhut Binsar Pandjaitan Kagum Akan Ketakwaannya

Minggu, 13 Maret 2022 | 15:50 WIB
header img
Luhut Binsar Pandjaitan (kanan bawah) bersama anak buahnya termasuk Sersan Mayor Kopassus Durman (dalam lingkaran) yang tetap berpuasa di tengah pertempuran. (Foto: FB/Luhut Binsar Pandjaitan)

BINTARA Kopassus Durman bagi Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mempunyai kenangan tersendiri. Sersan Mayor Durman mempunyai ketakwaan yang membuat Luhut kagum melihat anak buahnya saat bersama-sama dalam Operasi Seroja di Timor-Timur sekarag Timor Leste.

Timor Leste pernah berintegrasi dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebelum akhirnya lepas pada 30 Agustus 1999. Banyak kisah pertempuran TNI saat melakukan operasi keamanan di tanah bekas jajahan Portugal itu.

Salah satunya ada operasi tempur pasukan elite TNI AD, Kopassus saat di Bulan Ramadhan, bulan penuh kemuliaan 

Nah ada cerita menarik disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Saat itu pada 1975–1976, Luhut bersama anak buahnya diperintahkan untuk melakukan pengamanan di Timor-Timur.

Luhut Binsar Panjaitan, pun teringat kembali seorang prajuritnya yang tetap berpuasa saat pertempuran hebat di Timor-Timur dalam Operasi Seroja.

"Bicara tentang puasa, saya teringat kepada salah seorang anak buah yang rajin berpuasa walau saat sedang berada di tengah medan perang. Namanya, Sersan Mayor Durman, Caraka saya di Kompi A Denpur-1/Parako dalam operasi tempur di Timor Portugis tahun 1975–1976," tulis Luhut di laman Facebooknya yang dikutip beberapa waktu lalu.

Peraih Adhi Makayasa Akademi Militer Nasional tahun 1970 ini mengatakan, sepanjang berlangsungnya operasi, sebagai seorang Muslim Durman tetap menjalankan ibadah puasa. Berpuluh kilogram beratnya ransel di punggung, tidak pernah membatalkan niatnya untuk terus berpuasa.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut