DKV UMP Kolaborasi dengan Kampung Marketer Perkuat Industri Kreatif Digital

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id – Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus memperkuat sinergi antara dunia akademik dan industri kreatif. Salah satu langkah terbarunya yaitu menjajaki kerja sama strategis dengan Kampung Digital Marketer, yang dikelola oleh PT Kampung Marketerindo Berdaya (Komerce.id), perusahaan berbasis di Purbalingga yang fokus pada pengembangan digital marketing dan pemberdayaan UMKM.
Pertemuan awal yang berlangsung pada Selasa (1/7/2025) di kantor pusat Komerce, dihadiri oleh perwakilan dari kedua pihak dan membahas potensi kolaborasi di berbagai bidang, mulai dari pengembangan kurikulum berbasis industri, program pemagangan, proyek kolaboratif desain digital, hingga pelatihan dan pemberdayaan masyarakat berbasis visual kreatif.
Kaprodi DKV UMP, Ambar Pujiyatno, S.S., M.Hum., menyampaikan bahwa kolaborasi ini sejalan dengan visi Prodi DKV UMP dalam menghasilkan lulusan yang adaptif terhadap perkembangan industri kreatif digital.
“Kami melihat Komerce sebagai mitra yang sangat relevan dengan semangat Prodi DKV untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang aplikatif, inovatif, dan berdampak sosial. Kami ingin mendorong mahasiswa tidak hanya menjadi desainer, tapi juga kreator yang mampu merespons kebutuhan pasar digital yang terus berkembang,” ungkap Ambar dalam keterangannya Selasa.
Langkah ini sekaligus memperluas jangkauan praktik mahasiswa DKV ke dalam ekosistem nyata yang berkaitan dengan digital marketing, branding kreatif, dan kewirausahaan berbasis teknologi.
Sementara itu, Hendrik Kurniawan, selaku Head of Kompack/Komplace/Komchat by Komerce, menegaskan pentingnya kemitraan antara sektor industri dan institusi pendidikan tinggi untuk mencetak generasi yang siap pakai.
“Kami di Komerce percaya bahwa kemajuan industri digital marketing di Indonesia harus didukung oleh SDM yang kreatif dan kolaboratif. Dengan kerja sama ini, kami berharap bisa bersama-sama mencetak generasi muda yang siap terjun ke pasar digital dan sekaligus memberikan dampak langsung bagi UMKM dan ekonomi lokal,” tutur Hendrik.
Ia menambahkan bahwa Komerce.id terbuka untuk mendampingi mahasiswa dalam proses magang, pelatihan, dan inkubasi bisnis berbasis desain serta digitalisasi usaha kecil menengah.
Ke depan, kedua belah pihak sepakat untuk menindaklanjuti kolaborasi ini melalui serangkaian kegiatan strategis, seperti workshop, pemagangan mahasiswa DKV UMP di Komerce dan inkubasi bisnis industri creative digital, serta eksplorasi riset bersama seputar desain komunikasi untuk UMKM berbasis digital.
Dengan pendekatan berbasis praktik dan kebutuhan industri, sinergi antara DKV UMP dan Komerce ini diharapkan menjadi model kemitraan kampus-industri dalam pengembangan inovasi lokal, desain kreatif, dan digitalisasi sektor UMKM di wilayah Banyumas Raya.
Editor : Arbi Anugrah