get app
inews
Aa Read Next : UMP Siapkan 5.900 Kursi Mahasiswa Baru, Ini Daftar Program Studi yang Dibuka

Mahasiswa Baru, Berikut Tips Makan Hemat untuk Anak Kos

Kamis, 31 Maret 2022 | 21:34 WIB
header img
Anak kos sedang makan pagi bersama. Foto/Ist

JAKARTA, iNews.id - Menjadi mahasiswa baru disebuah perguruan tinggi memang harus berpikir bagaimana menghemat uang saku bulanan yang diberikan oleh orangtua. Karena tidak semua kebutuhan hidup kalian dapat terpenuhi, bisa saja ada suatu keadaan tertentu yang membuat kalian harus sangat berhemat membelanjakan uang kiriman dari orangtua.

Jika Anda adalah mahasiswa baru di perguruan tinggi dan harus jauh dari rumah atau orang tua Anda, dan jika Anda terpaksa menjadi anak kos, maka Anda harus melakukan apa yang disebut berhemat. Apalagi jika Anda berasal dari keluarga menengah ke bawah.

Berikut deretan tips makan hemat anak kos yang bisa Anda coba? Jadi langsung saja simak daftar tips makan hemat untuk anak kos yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Belajarlah masak sejak dini

Menjadi anak kos adalah pertanda harus menaklukkan segala tantangan untuk hidup mandiri. Salah satunya adalah dengan belajar masak dan mengolah makanan sendiri. Ini tidak hanya untuk anak kos putri ya, anak kos putra juga wajib untuk belajar masak.

Sebab masak bukan hanya kegiatan domestik yang harus dikuasai satu gender saja. Masak adalah cara bertahan hidup yang wajib dipahami oleh semua gender. Maka tips makan hemat ala anak kos berikutnya adalah belajar masak sendiri sejak dini. Apabila cara tersebut diatas masih kurang bisa menghemat pengeluaran, maka bisa melakukan cara satu ini.

Bisa dibilang cara satu ini cukup efektif jika bisa mengatur waktu sehari-hari. Di awal minggu bisa membeli bahan-bahan yang diperlukan selama seminggu ke depan. Ingat ya, harus membeli sesuai kebutuhan dan bukan yang diinginkan. Jadi jangan lapar mata dan membeli semua yang diinginkan juga.

Jika membeli bahan masakannya di tukang sayur, kalian mungkin hanya membutuhkan uang sekitar Rp100.000 saja untuk membeli bahan makanan selama 1 minggu. Terlihat sedikit repot memang jika harus memasak sendiri.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut