get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Keperawatan UMP Raih Juara 1 Kompetisi Sosial Opinion Writing 2024

Mahasiswa Baru, Berikut Tips Makan Hemat untuk Anak Kos

Kamis, 31 Maret 2022 | 21:34 WIB
header img
Anak kos sedang makan pagi bersama. Foto/Ist

Setiap kali makan tentunya perlu juga untuk mengonsumsi minuman. Tetapi sadarkah kalian bahwa di beberapa tempat makan menjual minuman dengan harga sama atau bahkan lebih tinggi daripada harga makanan yang kamu pesan?

Minuman yang hampir selalu ada dan memiliki harga paling murah biasanya adalah air putih. Maka tips makan hemat ala anak kos yang harus dicoba adalah untuk selalu memesan air putih ketika terpaksa makan di luar atau di kantin kampus.

Harga segelas es jeruk atau es teh manis adalah Rp3.000 kemudian harga air putih hanya Rp1.000 dan bahkan di beberapa tempat digratiskan. Bayangkan berapa banyak yang bisa kamu hemat jika mulai membiasakan diri minum air putih.

Ingin lebih berhemat lagi? Maka pilihlah model atau gambar botol favorit dan bawalah selalu kemana pun pergi. Ke sekolah, ke kampus atau ke kantor. Kalian jadi bisa selalu membawa botol air minum yang sudah terisi dari kos – kosan dan tentu akan jauh lebih hemat daripada membeli sebotol air mineral di minimarket.

Jadi, kalian cukup membeli air mineral galon paling tidak 2x dalam sebulan dengan budget hanya sekitar Rp40.000 hingga Rp50.000 saja

Jadi mulai sekarang belajar mencintai air putih, ya. Selain hemat, air putih juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Kalian tidak perlu merasa gengsi atau malu untuk memesannya. Lumayan sekali lho jika bisa menghemat budget minuman setiap kali makan.

4. Rinci pengeluaran makan selama sebulan

Tips makan hemat ala anak kos yang pertama adalah dengan membuat rincian pengeluaran makan selama satu bulan. Jadi, ketika uang kiriman datang, sebaiknya langsung membuat rincian semua pengeluaran secara detail, termasuk pengeluaran makan. Hal satu ini sayangnya jarang dilakukan anak kos. Biasanya pengeluaran mereka hanya dikira-kira saja atau dicukup-cukupi tanpa tahu rincian pasti apa saja detailnya.

Tujuan merinci pengeluaran ini adalah agar bisa tahu hal apa saja yang melubangi kantong kamu tersebut. Sehingga, bisa menutupi lubang tersebut. Setelah merinci secara detail kegiatan apa saja yang dilakukan selama sebulan tersebut, mungkin kamu akan sadar terhadap tindakan pemborosan apa yang telah dilakukan selama ini.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut