get app
inews
Aa Read Next : BPJamsostek Purwokerto Dengarkan Curhat Para Pengusaha 

Warga dan Tim Gabungan Bersih-bersih Perumahan Purwokerto yang Terendam Banjir Semalam

Jum'at, 01 April 2022 | 15:00 WIB
header img
Warga dan petugas gabungan melakukan pembersihan sisa-sisa banjir yang terjadi di Cluster 1 Perumahan Griya Satria Mandalatama, Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. (Foto : Agustinus Yoga Primantoro)

PURWOKERTO,iNews.id - Warga dan petugas gabungan melakukan pembersihan sisa-sisa banjir yang terjadi di Cluster 1 Perumahan Griya Satria Mandalatama, Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas yang sempat teredam banjir. Hal itu terjadi akibat hujan deras yang mengguyur pada Kamis malam (31/3) membuat debit air sungai Jengok meluap hingga menyebabkan 22 rumah terendam banjir.

Peristiwa banjir tersebut langsung segera ditangani oleh sejumlah petugas gabungan yang terdiri dari Satuan Tugas Pelindung Masyarakat (Satgas Linmas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, Satpol PP, TNI, dan Kepolisian Kabupaten Banyumas. Petugas gabungan tersebut segera melakukan upaya penanggulangan di area terdampak banjir tersebut. 

Menurut Armen, salah satu anggota Satgas Linmas, saat ini tim gabungan tengah melakukan pembersihan area terdampak banjir. Selain itu, mereka juga membersihkan aliran sungai yang terhambat oleh ranting pohon besar. Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Ini sinergitas antara BPBD, Damkar, Satpol PP, TNI-Polri, dan Satgas Linmas Kabupaten Banyumas. Tadi itu (kawasan perumahan) disemprot sama Damkar. Pembersihan (sungai) ini juga antisipasi apabila hujan deras terjadi lagi yang membuat air meluap hingga masuk ke pemukiman," ujarnya kepada iNews Purwokerto (1/4/2022).

Berdasarkan pantauan dari Tim iNews Purwokerto, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Diketahui bahwa air dari sungai Jengok yang bersebelahan dengan kawasan perumahan meluap hingga mencapai dada orang dewasa.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut