get app
inews
Aa Read Next : Ini Respon Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfhi yang Diisukan Maju Cagub

Kapolda Sebut Situasi Kamtibmas di Jateng Kondusif Jelang Ramadan

Jum'at, 01 April 2022 | 18:45 WIB
header img
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Foto: dok.

SEMARANG, iNews.id - Untuk menjaga situasi Kamtibmas menjelang Ramadan 1443 Hijriah, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan situasi di wilayah Jawa Tengah sangat kondusif. Bahkan pemerintah berupaya agar ibadah masyarakat, khususnya umat muslimin berjalan lancar dan khusyuk.

"Secara umum kamtibmas kondusif dan bahan kebutuhan pangan tersedia cukup di pasaran. Saat ini pemerintah sudah memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk beraktivitas," kata Ahmad Luthfi, Jumat (1/4/2022).

Kapolda juga mengajak masyarakat, khususnya kaum muslimin untuk beribadah Ramadan secara khusyuk dan tetap menjaga kebersamaan dan toleransi sesama warga.

"Bagi umat muslim monggo (silakan) melaksanakan ibadah puasa ramadan di siang hari, kemudian lanjut salat tarawih. Pada saatnya nanti, silahkan juga melaksanakan mudik bagi warga yang ingin silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Namun nanti ada sejumlah aturan yang kami harap dipatuhi khususnya prokes (protokol kesehatan)," kata Kapolda.

Aturan yang dimaksud, lanjutnya, adalah masyarakat diminta tetap taat prokes saat melaksanakan tarawih berjemaah di masjid. 

"Tarawih di masjid dan musala dipersilahkan, namun tetap pakai masker dan taat prokes. Pasalnya, pandemi Covid-19 belum berakhir. Jadi kita perlu waspada. Kami berharap takmir masjid dan musala mengingatkan jemaahnya untuk tetap taat prokes," ucap Ahmad Luthfi.

Kapolda juga mengajak kaum muslimin memanfaatkan momentum Ramadan untuk beribadah dengan khusyuk serta meresapi hakekat dan tujuan ibadah puasa.

"Manfaatkan Ramadan untuk mengasah kepedulian sosial, menjaga akhlaq serta toleransi. Satu hal yang amat penting, jangan lupa memanjatkan doa agar Jawa Tengah lebih damai, aman dan sejahtera. Kita berharap Covid-19 segera berakhir. Aktivitas masyarakat berjalan normal dan perekonomian terus membaik," katanya. 

Terkait mudik, Kapolda menjelaskan wilayah Jawa Tengah adalah pusat konsentrasi mudik terbesar di Indonesia. Pihaknya sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi agar arus mudik berjalan lancar.

Nanti akan ada Operasi Ketupat Candi yang merupakan operasi kepolisian terpusat. “Namun sebelumnya, kepolisian sudah melaksanakan operasi-operasi pendahuluan agar situasi Kamtibmas nantinya tetap landai dan tidak ada gejolak," kata Kapolda.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut