Logo Network
Network

Angkasa Pura I Selesaikan Balai Ekonomi Desa di Objek wisata Goa Lawa Purbalingga

Aryo Rizqi
.
Rabu, 01 September 2021 | 20:06 WIB
Angkasa Pura I Selesaikan Balai Ekonomi Desa di Objek wisata Goa Lawa Purbalingga
PT Angkasa Pura I (AP I) telah menyelesaikan 100 persen pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan objek wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga) sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN. (Foto ; istimewa).

PURBALINGGA, iNews.id  - PT Angkasa Pura I (AP I) telah menyelesaikan 100 persen pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan objek wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga) sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN. Oleh karenanya bangunan tersebut diserahkan kepada Pemkab Purbalingga, Rabu (1/9/2021) di Ruang Rapat Bupati.

Berita acara serah terima ditandatangani oleh pihak AP I dengan Bupati Purbalingga. Vice President Secretary PT AP I, Handy Heryudhitiawan menyampaikan CSR pembangunan Balkondes ini, merupakan sinergi dari 6 BUMN, yakni PT AP I, PT AP II, PT Perusahaan Gas Negara, PT BRI, PT Pupuk Indonesia dan PT KAI.

“Kami berharap Balkondes ini bisa dimanfaatkan dengan baik, kemudian bisa membantu recovery ekonomi di sektor pariwisata,” kata Handy dalam rilis yang diterima.

Ia mengakui, saat ini BUMN juga terkena dampak pukulan berat dari Pandemi Covid-19, namun CSR ini menjadi bukti bahwa dalam kondisi sesulit apapun BUMN masih bisa berkontribusi. Menurutnya, salah satu fungsi dari BUMN adalah agent of development pembangunan masyarakat Indonesia.

“Kami memang selalu diminta untuk berikan : ada apa sih di daerah yang bisa kami bantu?,” katanya.

Seperti yang diketahui, pembangunan Balkondes di Golaga yang dimaksud terdiri dari 4 unit Homestay berarsitektur rumah nanas, 1 unit pembangunan Public Building, Pembangunan Amphiteater dan Stepping Stone. Selain itu juga dilengkapi penerangan taman, instalasi pemipaan air bersih, instalasi pemipaan air kotor dan instalasi pemipaan air bekas.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan terima kasih atas bantuan/CSR pembangunan Balkondes di Golaga kepada BUMN yang dikoordinatori PT AP I. Meskipun wisata belum bisa buka, namun untuk kabupaten zona level 3 termasuk Purbalingga sudah diperbolehkan melakukan simulasi terbatas.

“Dengan selesainya Balkondes ini diharapkan bisa menambah semangat dan gairah kembali pelaku wisata khususnya di Golaga,” katanya.

Bupati menambahkan Balkondes sangat memberikan manfaat bagi Perumda Owabong. Oleh karenanya, Bupati berpesan agar Balkondes dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Perumda Owabong khususnya objek wisata Golaga selaku pengelola.

“Jangan sampai Owabong ini sebagai BUMD milik pemerintah kalah dengan pengelolaan wisata milik swasta. Semoga Balkondes ini pemicu dimana nantinya Golaga semakin memiliki daya tarik wisatawan yang berkunjung,” katanya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini