get app
inews
Aa Read Next : Buka Puasa Rendah Kalori dengan Resep Takjil Choco Mousse, Cocok Untuk Diet

Dapat Cegah Dehidrasi, Makanan Ini Cocok Dikonsumsi saat Sahur dan Buka Puasa

Senin, 11 April 2022 | 22:38 WIB
header img
Makanan sehat untuk mencegah dehidrasi (Foto: Everyday Health)

JAKARTA, iNews.id - Menahan lapas dan haus saat menjalani ibadah puasa merupkan hal yang wajar dialami umat Islam. Apalagi dengan melakukan beberapa kegiatan, tubuh akan mengalami dehidrasi.

Ada banyak penyebab dehidrasi. Salah satunya, melakukan aktivitas yang berlebihan selama puasa. Maka itu, saat buka puasa, diharapkan kita dapat mengembalikan hidrasi tubuh. 

Makanya, disarankan untuk buka puasa dengan air putih. Ini diharapkan agar tubuh kembali terhidrasi, baru kemudian makan. 

Untuk menghidrasi tubuh usai seharian berpuasa, Anda tak hanya bisa mengandalkan asupan air putih. Dijelaskan Shreela Sharma, profesor dan ahli diet dari UTHealth School of Public Health di Houston, makanan juga bisa mengembalikan hidrasi tubuh. 

Jadi, Anda bisa memadukan minum air putih dengan makanan tertentu yang mempunyai manfaat hidrasi yang baik. Dengan mengonsumsi makanan untuk hidrasi, kata Sharma, bukan hanya hidrasi yang dicapai tapi juga pemenuhan gizi tubuh. 

"Makanan tidak hanya menghidrasi, tapi juga bergizi dan menyediakan berbagai nutrisi termasuk vitamin dan serat," kata Sharma. Tentunya, hal itu pun baik untuk tubuh yang kehilangan banyak nutrisi karena berpuasa. 

Lantas, apa saja makanan yang dapat mencegah dehidrasi saat berpuasa? Makanan ini juga cocok dijadikan menu sahur dan berbuka puasa. Dilansir dari Everyday Health dan Cleveland Clinic, berikut ulasannya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut