get app
inews
Aa Read Next : Danar Widianto Rilis Video Klip Dulu, Lagu yang Antarkan Dirinya ke Panggung X Factor Indonesia

Sepenggal Kisah Gitar Pemberian Ibu, Antar Danar Widianto Masuk 3 Besar X Factor Indonesia

Senin, 18 April 2022 | 16:32 WIB
header img
Teringat dengan jelas di mata sang ibunda kala dulu bagaimana Danar meminta gitar padanya. Saat dirinya tengah berjualan kue lupis, Danar yang kala itu duduk di bangku SMP menghampiri ibunya. (Foto: Agustinus Yoga Primantoro)

PURWOKERTO, iNews.id - Danar Widianto, Finalis X Factor Indonesia yang dikenal lewat lagu 'Dulu' ini berasal dari Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pria kelahiran tahun 2003 itu merupakan putra pertama pasangan Iwan dan Tuti yang terlahir dalam keluarga yang sederhana. Meskipun demikian kondisi itu tak membuat Danar patah semangat dalam mengejar impiannya. 

Di mata keluarganya, Danar dikenal sebagai pribadi yang pendiam. Meski demikian, Danar adalah anak yang sopan dan hormat pada orang tua.

"Itu sih anaknya pendiam, cuma baik. Harus ditanyain dulu baru mau cerita, tapi emang nyenengin anaknya. Juga sopan anaknya, sama orang tua berbakti. Dia gak pernah cerita apa-apa keadaan sekolah kaya gimana. Beban pikirannya mau ditanggung sendiri, ga mau nambah beban pikiran orang tua," kata Ibunda Danar, Tuti saat berbincang dengan INewsPurwokerto.id di rumahnya Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, Minggu (18/4/2022).


Foto Danar Widianto (Foto: Agustinus Yoga Primantoro)

Dia mengatakan, sejak kecil bakat Danar sudah mulai terlihat setelah mengikuti berbagai ajang lomba yang salah satunya membuat ia berhasil menjadi perwakilan dari Banyumas. Bakatnya di dunia tarik suara sudah terlihat sejak Danar kecil yang senang mendengarkan musik Campursari.

"Suka nyanyi itu dari kecil. Itu sebenernya sih dari bayi kalo disetelin campursari Didi Kempot, kalo lagi nangis langsung diem. SD ikut lomba nyanyi, lomba nari. Kalo nari dulu sampai Solo, mewakili Kabupaten," ujarnya.

Namun demikian, masih teringat dengan jelas di mata sang ibunda kala dulu bagaimana Danar meminta gitar padanya. Saat dirinya tengah berjualan kue lupis, Danar yang kala itu duduk di bangku SMP menghampiri ibunya.

"Mulai latian gitar kan dari SMP, yaa wong genah harga gitarnya waktu itu Rp200 ribu, jadi jual cincin," ungkapnya.

"Lagi jualan, mak nyong pengin gitar ("Bu, aku ingin gitar)," pinta Danar.

"Oiya, mamak gawa ali-ali siji, ayo tak dol, tuku (Oiya, ini ibu ada satu cincin, ayo kita jual buat beli gitar)," jawab sang ibunda sambil mengenang saat itu.

Siapa sangka, bermula dari sebuah gitar yang dibeli meski harus menjual sebuah cincin, hal itu menghantarkan putra sulungnya mencapai babak Grand Final X Factor Indonesia

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut