get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Kilang Cilacap, Direktur Operasi KPI Pastikan Kesiapan Dukung Satgas RAFI

Respons Cepat Kebakaran Kapal Nelayan, Pertamina Cilacap Kerahkan Tim Damkar

Selasa, 03 Mei 2022 | 22:58 WIB
header img
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap bergerak cepat menurunkan tim pemadam kebakaran (damkar) untuk ikut serta memadamkan kebakaran kapal nelayan.

CILACAP, iNews.id - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap bergerak cepat menurunkan tim pemadam kebakaran (damkar) untuk ikut serta memadamkan kebakaran kapal nelayan. 

Itu merupakan bentuk respons cepat adanya insiden kebakaran puluhan kapal nelayan di perairan Bengawan Donan, area dermaga Wijayapura, Cilacap, sejak Selasa sore (3/5/2022). 

Pertamina menurunkan 2 unit Tug Boat (TB), yakni TB Transko Murai beranggotakan 10 personel, dan TB Patra Tunda beranggotakan 13 personel, ditambah 2 unit Fire Truck, FT-34 dan FT-41 dengan total personel 15 orang dikerahkan dalam insiden ini. 

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna mengatakan kepedulian ini menjadi bentuk sinergi & kolaborasi tim Damkar RU IV Cilacap bersama potensi lain dari Forkopimda dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). 

"Kami tentu turut prihatin atas insiden ini. Semoga keterlibatan Damkar dari fungsi HSSE RU IV turut mempercepat pemadaman," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima iNews Purwokerto pada Selasa (3/5/2022) malam.

Ditambahkan Cecep insiden juga tidak mengganggu distribusi BBM. "Lokasi kejadian sekitar 1,5 km dari Jetty dermaga 70, jauh dari perimetri pelabuhan Jetty RU IV. Kondisi kilang, pelabuhan Jetty, dan alur kapal tangker, aman," jelasnya.

Informasi dari Basarnas Cilacap, insiden dilaporkan terjadi pada pukul 17.00 WIB. Ketika itu, salah satu kapal yang sedang bersadar mengalami ledakan yang mengakibatkan kebakaran hingga merembet kepada kapal-kapal yang sedang bersandar di dermaga.  

Hingga berita ini disampaikan upaya pemadaman masih berlangsung.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut