Logo Network
Network

Uji Coba Ganjil Genap Manuju Wisata Baturraden Diterapkan, Polisi Putar Balik Belasan Kendaraan

Aryo Rizqi
.
Sabtu, 25 September 2021 | 19:42 WIB
Uji Coba Ganjil Genap Manuju Wisata Baturraden Diterapkan, Polisi Putar Balik Belasan Kendaraan
Satlantas Polresta Banyumas mulai memberlakukan pembatasan kendaraan menuju Lokawisata Baturraden, Sabtu (25/9/2021). (Foto : Aryo Rizqi/iNews.id).

PURWOKERTO, iNews.id - Satlantas Polresta Banyumas mulai memberlakukan pembatasan kendaraan menuju Lokawisata Baturraden, Sabtu (25/9/2021). Pembatasan dengan memberlakukan uji coba sistem ganjil genap.

Aturan tersebut membuat belasan kendaraan yang berplat nomor genap dan akan menuju Baturraden harus berbalik arah. 

Menurut Kasat Lantas Polresta Banyumas, Kompol Ari Prayitno mengatakan, penyekatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan di tempat wisata di Baturraden. 

"Sebenarnya bukan tidak bisa (ke Baturraden), bisa tetapi besok. akhirnya turun lagi. Bukan tidak boleh (wisata ke Baturraden, kita timbulkan pola itu kan hanya untuk meminimlaisir, ganjil hari ini, besok yang genap. Jadi hari ini ada yang genap naik kita arahkan besok datang ke Baturardennya. Responnya baik dan mereka muter cari tempat di Purwokerto," kata Ari saat dihubungi wartawan.

Dia mengatakan jika tidak ada kendala dalam penerapan uji coba sistem ganjil genap di jalur menuju wisata Baturraden. Pihaknya selama penerapan ini juga tidak melakukan penegakan hukum, namun dilakukan secara simpatik.

"Kendala tidak ada, kita juga simpatik, sekalian mensosialisasikan uji coba ini," ucapnya.

Uji coba ganjil genap selama libur akhir pekan ini nantinya akan dievaluasi kembali. 

"Minggu ini kita lihat evaluasinya selama dua hari, kita lihat nanti perkembangannya gimana. Bisa kedepannya dilanjutkan, kita kan tidak mau nanti Banyumas naik level lagi," ujarnya.

Kebijakan sitem ganjil genap ini untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 43 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, level 3, level 2 COVID-19 di Jawa dan Bali. Beberapa akses jalur menuju Lokawisata Baturraden diberlakukan plat nomor ganjil genap pada libur akhir pekan mulai pukul 06.00 WIB-18.00 WIB.

Penjagaan dilakukan di jalur menuju Baturraden, diantaranya di simpang Langen Tirto (jalur utama), simpang Kebumen (jalur Barat), bundaran Pringsewu Baturraden dan juga simpang 3 Limpakuwus (jalur Timur).

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini