get app
inews
Aa Read Next : 10 Peluang Bisnis di Bidang IT yang Paling Menguntungkan, Cek Daftarnya

Pria Ini Hasilkan Cuan Miliaran Rupiah dari Bisnis Kulit Hewan Kurban

Selasa, 24 Mei 2022 | 12:28 WIB
header img
Owner Baihaki Kulit Rahman Nulhakim sukses bisnis musiman pengepul kulit, omzet miliaran rupiah. Foto: YouTube Kisah Tanpa Batas

JAKARTA, iNews.id - Hari Raya Idul Adha menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh para pengepul kulit hewan kurban. Pasalnya, usaha musiman yang mengandalkan kulit hewan kurban ini dapat menghasilkan cuan hingga miliaran rupiah.

Salah satunya Rahman Nulhakim, seorang pengepul kulit hewan kurban yang sudah menggeluti bisnis tersebut secara turun menurun. Bahkan dari bisnis ini, ia bisa menghasilkan omzet miliaran rupiah.

"Kalau omzet sih di tiap tahun kita berbeda-beda ya. Paling besar itu kita pernah di sampai Rp1,5 miliar, itu waktu tahun 2018," kata owner Baihaki Kulit di Ciseeng, Bogor, dikutip dari YouTube Kisah Tanpa Batas, Senin (23/5) kemarin.

Pemuda 28 tahun ini merupakan generasi ketiga usaha yang telah dirintis oleh orang tuanya sejak1990.

"Saya adalah generasi ketiga penerus dari usaha ini. Awalnya dari orang tua saya dari tahun 90-an dan diteruskan oleh kakak saya sampai tahun 2008. Dari 2008 sampai sekarang saya yang meneruskan usaha ini," tuturnya.

Dari hasil usahnya ini, Rahman mengaku sudah memiliki dua lokasi pengepulan. Dia juga memiliki karyawan dengan jumlah hampir seratus orang.

"Di sini kita bukan hanya satu tempat, Kalau yang di tempat ini mungkin untuk tempat awal. Kita ada tempat yang kedua kalau memang di tempat yang satu ini sudah penuh," ujarnya.

Untuk menjalani bisnisnya ini, dia bekerja sama dengan perusahan pengrajin kulit di Garut, sehingga kulit yang dia kumpulkan, nantinya akan diolah menjadi produk dari bahan kulit, seperti tas, jaket kulit, hingga panganan olahan kerupuk kulit dan jenis kerajinan lainnya. 

"Di tempat saya ini kan hanya tempat pengepul. Di sini biasanya paling lama itu satu minggu. Kita sortir yang bagus dan kurang bagus, lalu kita awetkan dengan garam, kemudian kirim ke pabrik," ucapnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut