get app
inews
Aa Read Next : 10 Peluang Bisnis di Bidang IT yang Paling Menguntungkan, Cek Daftarnya

Pria Ini Hasilkan Cuan Miliaran Rupiah dari Bisnis Kulit Hewan Kurban

Selasa, 24 Mei 2022 | 12:28 WIB
header img
Owner Baihaki Kulit Rahman Nulhakim sukses bisnis musiman pengepul kulit, omzet miliaran rupiah. Foto: YouTube Kisah Tanpa Batas

Bahkan produk kulit yang telah diolah oleh mitranya tersebut telah diekspor ke luar negeri, seperti ke Singapura dan Italia. Dia juga berharap ke depan, bisa memiliki pabrik sendiri. 

Rahman mengakui jika usaha yang ditekuninya bukan tanpa hambatan. Salah satunya adanya penolakan dari warga sekitar yang terganggu dengan aroma tak sedap yang dihasilkan dari kulit hewan.

"Kita pernah juga sampai didemo karena baunya yang enggak enak, tapi Alhamdulillah semua itu sudah bisa dimusyawarahkan. Alhamdulillah semua sudah bisa menerima," katanya.

Selain itu, dia juga pernah mengalami kerugian akibat banyak kulit yang mengalami kerusakan karena kekurangan karyawan sehingga telat dilakukan penggaraman.

"Kerugian cukup banyak pernah beberapa tahun lalu. Kulit banyak yang rusak karena kekurangan karyawan," ucap Rahman. 

Meski mengalami kerugian atau hambatan saat berusaha, dia berpesan, bagi yang ingin menjalankan bisnis, jangan mudah menyerah dan terus belajar.

"Jangan pernah menyerah untuk satu kali kegagalan, anggaplah satu kali kegagalan itu untuk memotivasi kita menjadi wirausaha yang lebih baik dan menjadi wirausaha yang lebih sukses," tuturnya. 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut