get app
inews
Aa Read Next : Hari Pelanggan Nasional, OrderOnline.id Ajak UMKM dan Bisnis Online Manfaatkan Fitur Logistics

Ingin Bisnis Online Tanpa Modal, Ini Deretan Peluang yang Bisa Langsung Dicoba

Minggu, 29 Mei 2022 | 18:56 WIB
header img
Ilustrasi Bisnis Online. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Dunia digital semakin terbuka luas sebagai peluang bisnis tanpa modal. Semua dapat dilakukan jika kamu memiliki keahlian khusus dan konsistensi untuk membangun usaha tersebut secara mandiri.

Hanya bermodalkan smartphone dan akses internet, kalian sudah bisa langsung menggeluti peluang bisnis tanpa modal. Biasanya sebagian besar menawarkan jasa dan keahlian yang kalian miliki.

Maka penting bagi kalian untuk mengetahui apa keahlian yang terpendam dalam kalian untuk mulai mencoba peluang bisnis online tanpa modal. Peluang ini bisa di coba oleh pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga, sebagaimana dirangkum iNews dari berbagai sumber: 

Berikut 12 peluang bisnis online tanpa modal yang bisa langsung dicoba 

1. Guru Les Online

Pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah terpaksa dilakukan dari rumah secara online. Hal itu, kerap membuat repot orang tua karena harus mendampingi anak belajar bahkan menyelesaikan pekerjaan rumah (PR). 

Nah, jika kamu adalah pelajar dan mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan, menjadi guru les online merupakan pilihan yang tepat. Apalagi jika kami cukup menguasai mata pelajaran khusus, seperti matematika yang kerap membuat orang tua kesulitan membantu anak-anak mereka dalam proses belajar. 

2. Jasa Titip

Bagi kamu yang senang berselancar di media sosial, mungkin sering menemukan konten yang menawarkan jasa titip. Hanya dengan bermodalkan rekaman video dan info diskon produk di toko pakaian atau supermarket, kamu bisa menawarkan jasa titip bagi orang-orang yang tertarik membeli produk tersebut, namun tak memiliki waktu atau lokasi rumahnya jauh. 

Tentunya, kamu harus pintar bernegosiasi agar tidak kena tipu orang-orang yang iseng ingin membeli produk, namun tidak mentransfer dana yang kamu belanjakan. Sebaiknya, kamu membeli barang pesanan jika sudah menerima transfer dana dari orang yang ingin menggunakan jasa titip yang kamu tawarkan.

3. Dropshipper

Profesi Dropshipper cukup booming selama masa pandemi. Pasalnya, kamu bisa menjadi agen atau distributor produk tanpa perlu menampung barang yang hendak dijual, seperti pedagang atau reseller. 

Dropshipper adalah orang yang bertindak layaknya agen atau penghubung, antara pembeli dan penjual. Sementara pedagang atau reseller harus membeli barang atau produk yang dijualnya terlebih dahulu dari penjual. 

Misalnya, kamu menjadi dropshiper produk frozen food, maka ketika ada pembeli yang memesan produk tersebut, kamu kemudian meneruskan pesanan dari pembeli ke penjualnya, dan penjualnya yang menyiapkan produk dan mengirimkan ke pembeli dengan menggunakan nama kamu.

4. Translater atau Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing yang cukup mumpuni, jangan sia-siakan. Cobalah untuk menggunakan keahlian khusus kamu tersebut, untuk menghasilkan uang. 

Apalagi di masa pandemi, permintaan jasa translater atau penerjemah cukup tinggi, khususnya untuk konten di Youtube dan aplikasi TV, novel, dan kartun online. 

Tak hanya itu, banyak juga UMKM yang membutuhkan jasa translater untuk menghubungkan mereka dengan pembeli atau investor dari luar negeri, karena pemasaran yang semakin luas melalui internet. 

5. Admin Media Sosial

Kamu jago merangkai kata-kata, layaknya tagline iklan yang nempel di ingatan? Cobalah untuk menjadi admin media sosial. Sama seperti penulis, admin media sosial kini sedang banyak dicari, karena bisa membuat kata-kata yang menarik netizen menonton konten atau produk yang dipasarkan.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut