get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga

Surah Al Kahfi Dibaca Malam atau Hari Jumat Mana yang Lebih Afdal, Begini Penjelasannya

Kamis, 30 September 2021 | 20:20 WIB
header img
Surah Al Kahfi menjadi amalan sunah ketika dibaca pada malam Jumat atau pada hari Jumat. Selain membaca Surah Al Kahfi juga disunahkan bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. (Foto: Freepik)

SURAH Al Kahfi  menjadi amalan sunah ketika dibaca pada malam Jumat atau pada hari Jumat. Selain membaca Surah Al Kahfi juga disunahkan bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW.

Namun apa perbedaannya membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat dengan hari Jumat. Kedua-dua punya landasan yang sahih yakni;
 Membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat adalah: 

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.”
(H.R. Ad-Darimi; Syekh Al-Albani mengatakan bahwa hadis ini sahih, sebagaimana dalam Shahihul Jami’, no. 6471)

Membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat adalah: 
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.”
(H.R. An-Nasa’i dan Baihaqi; Syekh Al-Albani mengatakan bahwa hadis ini sahih, sebagaimana dalam Shahihul Jami’, no. 6470)

Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca. Membaca surat ini juga akan mendekatkan diri kepada ridha Allah Ta'ala .

Namun, ternyata tak hanya membaca Surat Al-Kahfi saja yang menjadi amalannya. Rasulullah SAW juga menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak mengucapkan sholawat.

Sebagaimana dijelaskan Ustaz Khalid Basalamah dari Channel Youtube Hasanah TV, hari Jumat atau malam Jumat perbanyaklah bersholawat.

Sebagaimana sabda Nabi Shalallahu alaihi wa sallam dalam riwayat Ibnu Majah, ‘Perbanyaklah membaca sholawat untukku di hari Jumat, karena sesungguhnya sholawat kalian itu disaksikan oleh malaikat atau malaikat mendengarnya. Dan yang menyaksikan adalah malaikat, dan sesungguhnya seseorang tidaklah membaca sholawat kepadaku melainkan doa itu akan dihantarkan kepadaku, sehingga dia selesai bersholawat’.”

Jadi banyaklah membaca sholawat karena itu merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. "Sunnah inilah yang akan sangat bermanfaat untuk diri saat akhirat kelak,"kata dia.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut