get app
inews
Aa
Read Next : Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga

Surah Al Kahfi Dibaca Malam dan Hari Jumat Jadi Penolong Saat di Akhirat

Kamis, 23 September 2021 | 18:33 WIB
header img
Surah Al Kahfi dibaca pada malam atau hari Jumat mempunyai keutamaan sungguh luar biasa. (Foto: Freepik)

SURAH Al Kahfi dibaca pada malam atau hari Jumat mempunyai keutamaan sungguh luar biasa. Selain membaca Surah Al Kahfi, Muslim juga disunahkan sholawat untuk Nabi Muhammad SAW.

Surah Al Kahfi di dalam Alquran berada dalam urutan ke-18 dengan 110 ayat. Surah ini masuk dalam golongan Makkiyyah

Sunah membaca Surah Al Kahfi  terdapat dalam hadis yang menjelaskan bahwa, Dari Abu Said Al-Khudri Ra bahwasannya Rasullulah SAW bersabda, “Sungguh siapa yang membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka baginya cahaya yang terang antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim).

Surah Al Kahfi adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca. Membaca surat ini juga akan mendekatkan diri kepada ridha Allah Ta'ala .

Namun, ternyata tak hanya membaca Surat Al-Kahfi saja yang menjadi amalannya. Rasulullah SAW juga menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak mengucapkan sholawat.

Sebagaimana dijelaskan Ustaz Khalid Basalamah dari Channel Youtube Hasanah TV, hari Jumat atau malam Jumat perbanyaklah bersholawat.

Sebagaimana sabda Nabi Shalallahu alaihi wa sallam dalam riwayat Ibnu Majah, ‘Perbanyaklah membaca sholawat untukku di hari Jumat, karena sesungguhnya sholawat kalian itu disaksikan oleh malaikat atau malaikat mendengarnya. Dan yang menyaksikan adalah malaikat, dan sesungguhnya seseorang tidaklah membaca sholawat kepadaku melainkan doa itu akan dihantarkan kepadaku, sehingga dia selesai bersholawat’.”

Jadi banyaklah membaca sholawat karena itu merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. "Sunnah inilah yang akan sangat bermanfaat untuk diri saat akhirat kelak,"kata dia.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut