get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ritual Mistis Soeharto di Gunung Selok Cilacap

Hari Kelahiran Soeharto 8 Juni, Anak Pak Kerto Seorang Ulu-Ulu

Rabu, 08 Juni 2022 | 22:09 WIB
header img
Presiden ke-2 Soeharto. (istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Siang itu, 8 Juni 1921, Kertosudiro ayahanda Soeharto tengah sibuk memeriksa empang di area pematang sawah di Dusun Kemusuk, Argomulyo, Desa Godean, Yogyakarta. Ya, Pak Kerto sapaan warga sekitar, ia merupakan seorang perangkat desa yang biasa mengurus pembagian air untuk pengairan sawah, atau biasa disebut ulu-ulu atau jogotirto.

Ketika tengah mengecek air yang mengalir ke parit - parit, Pak Kerto yang masih berdiri di atas pematang sawah tiba - tiba mendapatkan kabar jika sang istri akan segera melahirkan. Seketika itu pula Kertosudiro langsung bergegas pulang. Suasana rumahnya pun telah ramai. Di depan pintu seorang perempuan tua, istri Kromodiryo, menyambut kehadirannya.

Kromodiryo adalah pamannya, yakni adik kandung Kertoirono, ayahnya. Kebetulan istri Kromodiryo dikenal sebagai dukun beranak. Di Dusun Kemusuk, masyarakat akrab memanggilnya Mbah Pomo atau Mbah Genduk.

“Wajahnya yang berseri-seri menandakan kegembiraan dan kepuasan hatinya. Ia baru saja menolong isteri keponakannya melahirkan seorang anak laki-laki,” tulis O.G Roeder dalam buku “Anak Desa, Biografi Presiden Soeharto”. 

Pak Kerto saat itu sangat gembira, meskipun tidak ia tampakkan berlebihan. Sudah lama ia memohon kepada Tuhan agar dianugerahi anak laki-laki, dan doanya dikabulkan.

Kertosudiro perlahan masuk ke dalam kamar, dan berdiri di sebelah Sukirah, istrinya yang usai melahirkan. "Saya senang kita mendapat anak laki-laki, Mas," kata istrinya kepada Kertosudiro. "Sayapun tahu, pintamu berlaku," katanya. 

Kertosudiro berstatus duda saat menikahi Sukirah. Dia memiliki nama lahir Wagiyo, namun di Kemusuk akrab dipanggil Panjang.

Pada saat menikah yang pertama, namanya bersalin menjadi Kertorejo. Pernikahan yang dikarunia dua orang anak, yakni laki-laki dan perempuan itu tak bertahan lama. Pasangan suami istri itu bercerai. Kertorejo mengganti nama menjadi Kertosudiro saat menikahi Sukirah yang berstatus lajang.

Kehadiran bayi laki-laki itu membuat Kertosudiro girang. Bayi yang masih merah itu digendongnya. Mendapatkan anak laki-laki yang sehat dan kuat sebagaimana bayi-bayi lain di kampung Kemusuk, membuatnya bahagia. "Ya, saya selalu mengharapkan anak laki-laki. Tuhan mengabulkan permintaan kita. Kita mesti bersyukur kepadaNya, dan seminggu lagi kita adakan selamatan untuk memberi nama".

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut