get app
inews
Aa Read Next : Polisi Tangkap Pengedar Psikotropika di Cilongok Banyumas, Amankan Ribuan Obat-obatan Berbahaya

Penyelundupan Kokain dalam Kardus Pisang Senilai Rp1,2 Triliun Berhasil Digagalkan

Sabtu, 11 Juni 2022 | 21:10 WIB
header img
Ratusan kilogram kokain disita petugas di Ceko saat hendak diselundupkan bersama buah pisang untuk supermarket (Ilustrasi). (Foto: BORDER FORCE/NCA)

PRAHA, iNews.id - Penyelundupan kokain dalam kardus pisang berhasil digagalkan petugas berwenang di Ceko. Ratusan kilogram kokain yang nilainya mencapai Rp1,2 triliun itu diselundupkan bersama buah pisang untuk supermarket.

Awal pertama kali diketahui setelah petugas supermarket curiga. Ketika dibongkar, setidaknya terdapat total 840 kilogram kokain yang ditemukan dalam kotak kardus pisang di kota utara Jicin dan Rychnov nad Kneznou, Ceko. 

Penemuan kokain ini langsung dilaporkan kepada petugas berwenang. Polisi setempat pada Jumat (10/6/2022) mengatakan, timnya kini tengah mencari toko lain di negara tempat asal pisang itu dikirimkan. Mereka telah bekerja sama dengan rekan di negara lain yang tak disebutkan.

Kepala Polisi Unit Anti-Narkotika, Jakub Frydrych kepada radio publik Ceko mengatakan, kokain kemungkinan berasal dari Amerika Tengah. Nilai total dari ratusan kg kokain tersebut diperkirakan mencapai 86 juta Dolar AS atau sekitar Rp1,2 triliun. 

Kasus serupa juga pernah terjadi pada 2015. Lebih dari 100 kilogram kokain ditemukan di supermarket Praha. 

Pada tahun 1999, polisi menyita 117 kilogram kokain di sebuah gudang di utara Praha. Kokain itu juga dikemas di antara buah-buahan kering.

 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut