get app
inews
Aa Read Next : Bumi Lebih Cepat Berputar dari Biasanya, Pertanda Apakah? 

Ini Lagu Pertama Kali yang Direkam di Dunia, Perekamnya Orang Jenius: Thomas Alva Edson 

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:28 WIB
header img
Ilmuwan jenius Thomas Alva Edison. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ilmuwan yang satu ini memang sangat jenius. Penemuannya sampai sekarang dimanfaatkan oleh orang seluruh dunia. 

Bahkan, penemuan-penemuannya membuat budaya dan peradaban baru. Dialah Thomas Alva Edison, seorang ilmuwan yang terkenal. 

Dia ternyata memiliki sedikitnya 1.093 penemuan yang kemudian dipatenkan. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari siapapun dalam sejarah Amerika. 

Berikut penemuan Thomas Alva Edison yang spektakuler.

1. Bola Lampu 
Hampir semua orang tahu, kalau bola lampu merupakan penemuan Thomas Alva Edison. Penemuan bola lampu pijar memang ikonik dan kemudian dipatenkan pada tahun 1879. Demonstrasi pertamanya dilangsungkan pada tahun baru yang bertempat di Edison's Menlo Park. Ini membuat New York sebagai kota yang pertama kali diterangi lampu. Sebenarnya penemu bola lampu pertama bukanlah Thomas Alfa Edison. Terdapat sekitar 20 jumlah lampu sebelum milik Edison. Namun lampu ini terkenal mahal dan mudah rusak. Tetapi milik Thomas ternyata lebih ekonomis, awet dan dapat dipromosikan secara umum. Lampu pertama yang dibuat Edison dapat bertahan hingga 40 jam, yang kemudian dikembangkan menjadi lampu penerangan di New York. Perusahaan Edison, Electric Illuminating Company, berhasil memasang jaringan lampu jalanan kota Manhattan sepanjang satu mil dengan menggunakan 6 dinamo besar sebagai sumber listriknya. Layanan jaringan lampu perumahan pertama Edison mencakup 85 rumah dengan total 400 lampu. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal kelistrikan dunia. 

2. Fonograf 

Thomas Alva Edison secara resmi dikenal sebagai penemu fonograf. Perangkat yang populer saat itu, karena bisa merekam dan memutar suara dan dikenalkan pada 21 November 1877. Sebuah penemuan yang spektakuler karena belum ada benda yang bisa merekam suara manusia. Pertama kali Thomas Alfa Edison memikirkan penemuan ini ketika kemunculan Telepon dan Telegraf pada abad ke 19. Fonograf yang diciptakan Thomas Alfa Edison ini bisa mengubah suara yang dikeluarkan melalui sebuah corong penerima menjadi menjadi sumber energi untuk menggerakkan sebuah jarum di lempengan timah. Dia kemudian menyempurnakan penemuannya ini dengan menggunakan piringan hitam untuk mengganti lempengan timah. Lagu "Mary had a little lamb" pun tercatat sebagai lagu pertama yang berhasil direkam di dunia. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut