Kopassus, Denjaka dan Kopasgat Jaga Kunjungan Jokowi di Ukraina, Ini Keistimewaan Pasukan Itu

Tim iNews, MPI
Paspampres yang di dalamnya ada personel Kopassus, Denjaka dan Kopasgat siap mengamankan Presiden Jokowi saat kunjungan ke Kiev, Ukraina

3. Kopasgat 

Kopasgat TNI AU yang terbentuk berdasarkan Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Udara (Pangau) Nomor 45 tahun 1966 tanggal 17 Mei 1966.  

Sejak terbit Peraturan Persiden Nomor 66 tahun 2019 dan Peraturan Penglima TNI Nomor 24 tahun 2021, Kopasgat yang bermarkas di Bandung kini berada di Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas). 


Pasukan Kopasgat saat latihan

Sebagai pasukan khas matra udara, Kopasgat melaksanakan fungsi-fungsi utama, yaitu operasi pertempuran darat, pertahanan udara titik, bantuan tempur, pemberdayaan potensi dirgantara, dan operasi militer lain berdasarkan kebijakan komando atas dalam rangka tugas operasi militer perang dan tugas militer selain perang. 

Pada masa awal perjuangan, Kopasgat, tepatnya 17 Oktober 1947, pernah melaksanakan misi operasi lintas udara (linud) pertama. 

Satu tim peterjun sebanyak 13 orang prajurit menggunakan payung udara peninggalan Jepang, melompat dari pesawat C-47 Dakota RI 002. 

Mereka menerobos belantara hutan dan menjejakkan kaki di Kutawaringin, Kalimantan Tengah dalam rangka mengobarkan semangat perjuangan rakyat setempat melawan penjajah. 

Bertitik tolak dari peristiwa heroik itu, berdasarkan keputusan Menpangau Nomor 54 tahun 1967, tanggal 17 Oktober ditetapkan sebagai hari jadi Kopasgat. 

Latihan bagi calon anggota Kopasgat diawali dengan terjun taktis statik atau terjun dengan membawa senjata dan perlengkapan tempur lain dari pesawat Hercules C130, dengan titik muat di Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung. 

Terjun taktis statik ini merupakan kemampuan yang wajib dikuasai para prajurit Kopasgat dan tak boleh ditawar-tawar lagi. 

Selain terjun taktis statik, prajurit juga berlatihterjun bebas atau free fall. Latihan ini bertujuan untuk mengasah keberanian dan keterampilan terjun para prajurit baret jingga. 

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network