Mustafa Kemal Ataturk atau Muhammad al Fatih untuk Nama Jalan di Jakarta, Fadli Zon Pilih yang Mana?

Dwi Sasongko
Muhammad al Fatih atau Sultan Mehmet II, pemuda Islam berusia 19 yang berhasil menaklukan Konstantinopel. (Foto: SINDOnews)

Sebagai bentuk resiprokalitas (timbal balik) pemerintah Turki kabarnya mengusulkan nama jalan Mustafa Kemal Ataturk di Jakarta. Fadli Zon mengingatkan bahwa Mustafa Kemal Ataturk merupakan figur yang kontroversial, tak hanya di Turki tapi juga di Indonesia.

Karena itu, Fadli Zon yang juga Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini, mengusulkan nama Fatih Sultan Mehmet II atau Muhammad al Fatih sebagai nama jalan di Jakarta. Menurutnya, nama tokoh tersebut pasti diterima oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

"Ia adalah sang penakluk Konstantinopel pada 1453 pada usia 21 tahun. Namanya tercatat sebagai conqueror termuda sepanjang sejarah, lebih muda dari Alexander the Great," katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membenarkan bahwa Mustafa Kemal Ataturk akan menjadi salah satu nama ruas jalan di Ibu Kota. Ia menyebut hal itu bagian dari kerja sama antara dua negara.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network