Setelah Makan Daging Kurban, Cepat Konsumsi Ini Agar Kolesterol Turun

Diana Rafikasari
Obat kolesterol tinggi yang aman untuk ginjal bisa ditemukan dengan mudah.

JAKARTA, iNews.id - Setelah makan daging kurban baik kambing, domba maupun sapi, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan atau minuman ini. 

Sebab, berdasarkan riset yang ada, makanan dan minuman ini dapat dicoba untuk menurunkan kolesterol

Apalagi daging kurban seperti sapi, domba dan kambing mengandung lemak tinggi. Konsumsi daging kurban secara berlebihan menyebabkan kadar kolesterol dalam darah naik.

Boleh tetap konsumsi daging, tetapi harus bijak. Apalagi, kalau disertai dengan tambahan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menurunkan kolesterol.

Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman dan bisa menurunkan kadar kolesterol. Daftarnya adalah sebagai berikut berdasarkan paparan dari Healthline, Minggu (10/7/2022).

1. Alpukat

Buah alpukat memiliki vitamin K, C, B5, B6, E, kalium dan folat, serta senyawa lainnya yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

2. Apel

Buah apel mempunyai kandungan pektin, yaitu kandungan nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, pektin dapat menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses. Apel bisa dinikmati secara langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan.

3. Bawang Putih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. Namun seperti banyak terapi alternatif, penelitian telah menemukan hasil yang beragam.

Sebagai contoh, beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Namun, sebuah studi yang didanai NCCIH tentang keamanan dan efektivitas bawang putih tidak menemukan efek jangka panjang pada kolesterol.

4. Oat

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan makan semangkuk oatmeal. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Serat yang ada dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon bisa memperbaiki kadar kolesterol. Faktanya, ikan menyediakan protein tinggi, alternatif sehat untuk daging merah, yang tinggi lemak jenuh. Salmon adalah alternatif yang bagus untuk daging merah karena merupakan makanan padat nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network