Air Zam-Zam, Begini Sejarah Sumur yang Muncul 5.000 Tahun Lalu Itu

Tim Okezone
Jemaah haji minum air zam-zam (Foto Istimewa)

Sebelum ini, beberapa waktu silam pengisian air zam-zam dilaksanakan secata manual. Wadahnya juga berukuran beda. Selain itu, tidak melalui pengisian botol oleh yang berwenang. 

Dengan adanya pembangunan proyek yang telah selesai, maka ada dua kontainer berukuran 5 dan 10 liter. Air zam zam dirawat, dikemas dalam botol, disimpan, dan didistribusikan secara efisien.

Sebelum perjalanan haji atau umrah berakhir, pengunjung akan mendapatkan sebotol atau dua air zamzam sebelum berangkat, di mana pada tahun sebelumnya mengakibatkan kekacauan dan antrian yang tidak teratur.

Sekarang proyek mendistribusikan wadah air kepada peziarah di dalam bus atau di bandara dalam rangka untuk menghemat waktu dan mencegah kerumunan ramai. Di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, air zamzam disediakan dalam pendingin yang dibersihkan setiap hari dan proses pengisiannya.

Pembelian secara daring air zamzam merupakan bagian dari proyek National Water Company yang dimulai setelah pemberhentian jualan sebagai tindakan pencegahan selama terjadinya wabah pandemi virus corona.

Air zamzam sekarang didistribusikan melalui platform bisnis elektronik Saudi HNAK yang menawarkan layanan pengiriman rumah juga.

Ekstraksi, memompa, dan pengawasan penyimpanan dan pemompaan dicapai melalui teknologi serat optik dari kontrol pengawasan dan akuisisi data jaringan.

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network