Dokter Bedah Mata Ini Ahli Strategi Perang Al Qaedah, Terbunuh Serangan Drone AS 

Syarifudin
Dokter bedah mata ini menjadi ahli strategi perang bahkan sering disebut sebagai kepala ideolog al-Qaeda adalah Ayman al-Zawahiri. (Foto: Reuters)

DOKTER bedah mata ini menjadi ahli strategi perang bahkan sering disebut sebagai kepala ideolog al-Qaeda

Adalah Ayman al-Zawahiri terbunuh oleh serangan pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat (AS) di Afghanistan.

Dia membantu mendirikan kelompok militan Jihad Islam Mesir itu mengambil alih kepemimpinan al-Qaeda setelah pembunuhan Osama Bin Laden oleh pasukan AS pada Mei 2011. 

Sebelum itu, Zawahiri dianggap sebagai tangan kanan Osama Bin Laden dan diyakini beberapa ahli sebagai "otak operasional" di balik serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat. Zawahiri adalah nomor dua, di belakang Osama Bin Laden, dalam daftar 22 "teroris paling dicari" yang diumumkan pemerintah AS pada tahun 2001 dan memiliki hadiah USD25 juta untuk kepalanya. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Zawahiri muncul sebagai juru bicara al-Qaeda yang paling menonjol. Dia muncul dalam 16 video dan kaset pada 2007, empat kali lebih banyak dari Osama Bin Laden, ketika kelompok itu mencoba meradikalisasi dan merekrut Muslim di seluruh dunia. 

Serangan akhir pekan lalu di Kabul bukanlah pertama kalinya AS berusaha membunuh Zawahiri. Pada Januari 2006, dia menjadi sasaran serangan rudal AS di dekat perbatasan Pakistan dengan Afghanistan.

Serangan itu menewaskan empat anggota al-Qaeda, tetapi Zawahiri selamat dan muncul di video dua pekan kemudian. Dia justru memperingatkan Presiden AS George W Bush bahwa sang presiden maupun "semua kekuatan di bumi" tidak dapat membawa kematiannya "satu detik lebih dekat". 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network