Dokter Bedah Mata Ini Ahli Strategi Perang Al Qaedah, Terbunuh Serangan Drone AS 

Syarifudin
Dokter bedah mata ini menjadi ahli strategi perang bahkan sering disebut sebagai kepala ideolog al-Qaeda adalah Ayman al-Zawahiri. (Foto: Reuters)

Target Barat 

Zawahiri diperkirakan telah melakukan perjalanan keliling dunia selama tahun 1990-an untuk mencari tempat perlindungan dan sumber pendanaan. Pada tahun-tahun setelah penarikan Soviet dari Afghanistan, dia diyakini telah tinggal di Bulgaria, Denmark dan Swiss, dan kadang-kadang menggunakan paspor palsu untuk melakukan perjalanan ke Balkan, Austria, Yaman, Irak, Iran dan Filipina. 

Pada Desember 1996, dia dilaporkan menghabiskan enam bulan di tahanan Rusia setelah dia ditangkap tanpa visa yang sah di Chechnya. Menurut akun yang diduga ditulis Zawahiri, pihak berwenang Rusia gagal menerjemahkan teks-teks Arab yang ditemukan di komputernya dan dia dapat merahasiakan identitasnya.

Pada tahun 1997, Zawahiri diyakini telah pindah ke kota Jalalabad di Afghanistan, di mana Pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden bermarkas. Setahun kemudian, Jihad Islam Mesir bergabung dengan lima kelompok militan Islam radikal lainnya, termasuk al-Qaeda pimpinan Osama Bin Laden, dalam membentuk Front Islam Dunia untuk Jihad melawan Yahudi dan Tentara Salib. Proklamasi pertama front termasuk fatwa, atau dekrit agama, yang mengizinkan pembunuhan warga sipil AS. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network