Duh, Masih Ada Warga Kebumen yang Hidup di Gubuk Reot, Ini yang Dilakukan Bupati

Elde Joyosemito
Salah seorang warga di Kebumen, tepatnya di RT 01 RW 05 Desa Totogan, Kecamatan Karangsambung maih harus hidup di sebuah gubuk reot. (Foto: Istimewa)

Tujuan kedatangan Bupati adalah untuk melihat langsung kondisi rumah Sarjum yang ternyata sangat tidak layak.

"Kemarin kita menerima laporan dari BPS. Ada seorang warga di Desa Totogan yang tinggal di gubuk reot dengan kondisi yang memprihatinkan. Hari ini kami langsung meninjau lokasinya untuk melihat sendiri kondisi di lapangan. Dan memang kondisinya sangat memprihatinkan," ujar Bupati.

Sarjum tinggal di gubuk reot bersama dua anaknya yang masih bersekolah dasar. Ia terpaksa tinggal di gubuk bambu karena rumah yang sangat sederhana ditempati oleh istrinya, Sutini (38), yang ternyata mengalami gangguan jiwa.

"Karena istrinya mengalami gangguan jiwa dan seringkali marah-marah, Sarjum akhirnya membuat gubuk di bawahnya untuk tinggal bersama anak-anaknya," ungkap Bupati.

Bupati meminta agar penanganan segera dilakukan. Ia menawarkan kepada Sarjum agar anak-anaknya dapat sekolah di Pondok Al Kahfi Somalangu. 

Sementara itu, ibunya akan dirawat di rumah ODGJ di Desa Wadasmalang. Bupati khawatir bahwa jika anak-anak tinggal dalam kondisi tersebut dalam jangka waktu yang lama, hal itu dapat berdampak pada kesehatan jiwa mereka.

"Tadi kami menawarkan agar anak-anaknya bisa sekolah di pondok, sehingga mereka dapat mengenal dunia luar dan memiliki banyak teman. Karena jika terlalu lama tinggal di sini, khawatir akan berdampak pada kesehatan jiwa mereka. Karena kondisi ini tidak layak, dan kemudian istri Sarjum akan dirawat di Wadasmalang untuk mendapatkan perawatan,"jelas Bupati.

Editor : Elde Joyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network