Uang Rp167 Juta Nasabah Bank di Purwokerto Raib, Ini Tips Mencegah Data Pribadi Dibobol Hacker

Arbi Anugrah
Ilustrasi Tips mencegah data pribadi dibobol hacker di dunia maya. Foto: Freepik

2. Perhatikan Aplikasi Pada Perangkat

Selalu update aplikasi secara berkala, ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan pada aplikasi di perangkat Anda. Selain itu, hapus aplikasi yang tidak digunakan pada perangkat ponsel Anda.

3. Buat Beberapa Alamat Email

Tips mencegah data pribadi dibobol hacker selanjutnya adalah selalu gunakan email yang berbeda, sebab email sangat mudah untuk diserang hacker di dunia maya. Apalagi banyak masyarakat yang hanya membuat satu email untuk seluruh kegiatannya di media sosial. Padahal hal tersebut sangat riskan.

Untuk itu Anda bisa membuat beberapa alamat email sesuai dengan kebutuhan, ini untuk mencegah data pribadi dibobol hacker. Salah satu contoh adalah alamat email untuk layanan transaksi harus dibedakan dengan alamat email yang digunakan untuk media sosial dan lain sebagainya.

4. Menggunakan Antivirus Sebagai Pengaman

Perkuat keamanan perangkat Anda menggunakan antivirus, ini sangat berpengaruh untuk melindungi perangkat dari serangan malware. Beberapa fitur pengaman yang telah disediakan adalah setelan privasi, Two Factor Authentication (2FA), End-to-end encryption, One Time Password (OTP) dan lain sebagainya.

5. Jangan Berikan Informasi Penting Terkait Data Diri

Tips mencegah data pribadi dibobol hacker berikutnya adalah menjaga kerahasiaan data diri di dunia maya, sebagai contoh penting adalah menjaga kerahasian KTP, SIM, akte, passport, tiket, kelahiran, QR Code dan masih banyak lagi. Sebab, masih banyak masyarakat tidak sadar akan hal tersebut, dan kadang masih menganggap sepele, hingga akhirnya membawa dampak besar.

6. Gunakan Kata Sandi Kuat dan Ganti Kata Sandi Secara Berkala

Tips mencegah data pribadi dibobol hacker yang terakhir adalah selalu kombinasikan kata sandi pada perangkat Anda dengan menggunakan angka dan huruf besar kecil atau tanda baca. Ini bertujuan agar kata sandi pada perangkat ponsel Anda tidak mudah ditebak. Ubah kata sandi Anda secara berkala untuk mencegah pembobolan.

Demikian informasi mencegah data pribadi dibobol hacker dengan memperkuat keamanan siber dunia maya. Semoga tips ini bermanfaat.

 

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network