Miris, Layanan Panggilan Darurat 112 Purworejo Disalahgunakan Untuk Prank dan Ghost Call

Joe Hartoyo
Miris, Layanan Panggilan Darurat 112 Purworejo Disalahgunakan Untuk Prank dan Ghost Call. Foto: Dok Kominfostasandi Purworejo

Yudhie menjelaskan jika petugas call taker diuji dengan banyaknya prank call dan ghost call yang masuk. Salah satu contoh dari panggilan prank tersebut yakni ketika ada panggilan masuk dan diterima oleh petugas, kemudian penelepon hanya tertawa, atau malah mengobrol sendiri. 

Sedangkan ghost call sendiri adalah situasi saat ada panggilan masuk, namun ketika panggilan tersebut diterima oleh petugas tidak ada suaranya, penelepon hanya diam.

“Banyaknya panggilan prank dan ghost ini tentu saja sangat mengganggu. Petugas jadi terhambat dalam melayani panggilan darurat yang sebenarnya,” ujar Yudhie.

Layanan darurat 112 adalah nomor panggilan darurat tunggal yang dapat dihubungi melalui telepon secara gratis selama 24 jam. Tujuan dari layanan ini adalah untuk memberikan bantuan yang cepat dan tepat kepada masyarakat dalam situasi darurat.

Yudhie mengimbau kepada masyarakat agar bijak dalam menggunakan layanan 112 ini. Sebab layanan ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang mengalami situasi darurat, seperti kebakaran, kecelakaan, bencana alam, kerusuhan, dan kejadian darurat lainnya. 

“Mudah-mudahan masyarakat mulai tumbuh kesadarannya, tidak hanya sekedar iseng mentang-mentang gratis terus melakukan panggilan-panggilan yang tidak perlu. Monggo layanan ini digunakan dengan bijak, pemerintah sudah memfasilitasi, gunakan saat terjadi situasi darurat,” pungkas Yudhie.

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network