Intrik Politik dan Gaya Hidup Mewah Keluarga Jokowi jadi Sorotan Media Asing

Muhaimin
Media Australia, abc.net.au, menyoroti intrik politik yang berkembang menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Istimewa

Mulyono, nama lahir Jokowi yang tidak banyak dikenal hingga minggu lalu, adalah nama yang diubah saat dia masih kecil dalam ritual adat Jawa dengan harapan untuk membawa kesehatan dan keberuntungan yang lebih baik.

Kini, para penentangnya mengejek Jokowi dengan memanggilnya Mulyono, melanggar tabu budaya Indonesia dan secara tegas menyatakan bahwa para pemilih mengharapkan kejatuhannya dalam politik—atau bahkan lebih buruk.

Lebih lanjut, ulasan media Australia menunjukkan kontras dari demonstrasi tersebut. Istri Kaesang, Erina Gudono, mendokumentasikan perjalanan mewahnya di Amerika Serikat di Instagram. Terungkap bahwa pasangan tersebut terbang melintasi Pasifik dengan jet pribadi milik perusahaan game Singapura.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) minggu ini menyatakan bahwa mereka berusaha untuk memperjelas masalah ini, menegaskan: "Setiap orang sama di hadapan hukum."

Di Instagram, Erina membahas harga lobster roll yang mencapai sekitar Rp400.000. Para pengguna media sosial menyebut Erina sebagai "Marie Antoinette modern," menggambarkannya sebagai ratu Prancis yang tidak peduli dengan kehidupan rakyat jelata.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru, Bahlil Lahadalia, sekutu utama Jokowi, mengatakan kepada partainya bahwa mereka tidak boleh bermain-main dengan "raja Jawa"—meskipun tidak jelas siapa yang dimaksud.

Ini adalah perubahan dramatis bagi Jokowi, presiden yang telah menikmati peringkat persetujuan yang tinggi selama dua masa jabatannya, termasuk 77 persen pada bulan April lalu.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network