Delapan Pesawat Tempur Akan ermanuver di Atas Istana, Memeriahkan HUT Kemerdekaan

Tim iNews.id
Delapan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI AU ikut memeriahkan peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto: Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI saat upacara di Istana Negara, Jakarta, Selasa (17/8/2021) akan dimeriahkan oleh antraksi dari anggota TNI Angkatan Udara (AU). Sebanyak 14 alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang terdiri dari delapan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dan enam pesawat helikopter diterjunkan dalam HUT Kemerdekaan.

Delapan pesawat tempur akan bermanuver misi penerbangan flypast dengan formasi Arrow Head pada ketinggian 1.000 kaki dan melaksanakan bomb burst tepat di atas langit Istana. Misi yang diberi nama Garuda Flight ini akan dipimpin oleh Letkol Pnp Agus Dwi Aryanto yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi.

"Diharapkan membangkitkan jiwa nasionalisme dan semangat juang seluruh komponen bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia saat ini," ujar Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangannya dikutip, Selasa (17/8/2021).

Sementara itu, enam helikopter akan mempersembahkan momen bersejarah yang baru pertama kali dilakukan dengan mengibarkan bendera Merah Putih berukuran 20x30 meter di atas Istana Merdeka.

"Pengibaran bendera raksasa ukuran 20×30 meter, merupakan momen bersejarah karena untuk pertama kalinya bendera raksasa yang berwarna Merah-Putih dikibarkan oleh pesawat helikopter TNI AU,” ucapnya.

Dia menuturkan, misi pesawat helikopter diberi nama Nusantara Flight yang dipimpin oleh Letkol Pnb Akhmad Mauludin. Keenam helikopter itu akan mengibarkan bendera Merah-Putih pada ketinggian 1.000 kaki dengan metode Sling Load Operation.

Keenam helikopter itu terdiri dari satu unit helikopter jenis EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 dan tiga helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja serta dua helikopter NAS-332 L1 Super Puma dari Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma.

 

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network