Terlibat Penembakan Kabinda Papua, Toni Tabuni Pimpinan KKB Paniai Ditembak Mati

Donald Karouw
Toni Tabuni (24) pimpinan KKB Ndeotadi di Paniai ditembak mati Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz. (Foto: ist).

JAKARTA, iNews.id - Toni Tabuni (24) pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Ndeotadi Kabupaten Paniai ditembak mati oleh Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz. Toni Tabuni yang merupakan teroris pemberontak tersebut melawan saat penyergapan hingga diberikan tindakan tegas terukur saat berada di Kabupaten Nabire.

Penangkapan Toni berdasarkan Laporan Polisi Nomor: 14-A/V/2020/PAPUA/RES PANIAI, tanggal 16 Mei 2020. Dia ditetapkan masuk dalam daftar pencarian orang DPO/01/V/2020/Reskrim (Curas).

Toni Tabuni diduga kuat terlibat dalam aksi penembakan terhadap Kabinda Papua pada 25 April 2021 yang mengakibatkan Kabinda Papua almarhum Mayjend (Anm) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha gugur di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. 

Informasi dirangkum iNews, kronologi penangkapan bermula dari hasil pantauan IT, Toni Tabuni diketahui bergeser dari Intan Jaya ke Nabire pada tanggal 26 Maret 2022. Pergeseran ini dalam rangka pencarian senmu di Kabuaten Nabire bersama-sama dengan beberapa pasukannya.

Turut serta bersama mereka pasukan KKB dari Ilaga yg dipimpin Kasar Telenggen. Namun diketahui Kasar tidak ikut ke Nabire dan berhenti di Paniai. Rute perjalanan yang ditempuh mereka yakni dari Ilaga-Intan Jaya-Paniai-Nabire dan kembali ke Enarotali. 

Editor : Aryo Arbi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network