get app
inews
Aa Read Next : Bocoran Janda Muda Satu Anak Bakal Muncul Sebagai Karakter Utama GTA 6

Janda Muda di 8 Kota Ini Terbanyak di Indonesia, Tegal dan Brebes Urutan Berapa?

Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:05 WIB
header img
Berikut delapan kota dengan janda muda terbanyak di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id – Ada sejumlah kota dengan janda terbanyak di Indonesia. Biasanya banyak faktor yang mempengaruhi angka perceraian.

Namun, sejumlah kasus perceraian rata-rata didominasi persoalan ekonomi. Angkanya bahkan mencapai ribuan.

Kasus perceraian dilaporkan didominasi pasangan muda di bawah usia 30 tahun. Akibatnya, banyak wanita muda menyandang status janda muda. Berikut delapan kota dengan janda muda terbanyak di Indonesia. 

1. Brebes

Sebelum menginjak 2022, tercatat ada ribuan kasus perceraian di Kabupaten Brebes. Data Pengadilan Agama setempat, mencatat ada 4.358 wanita yang berstatus janda baru. Kasus perceraian merupakan akumulasi sejak Januari hingga November 2021. 

2. Garut

Jawa Barat mengalami peningkatan yakni sebesar 5 persen pada 2021. Alhasil, ada sekitar 5.700 kasus perceraian yang diterima Pengadilan Agama setempat. Beberapa penyebab di antaranya ada faktor ekonomi, pendidikan rendah, dan juga masalah komunikasi. 

3. Majalengka

Pengadilan Agama Kelas 1A Majalengka mencatat ada sebanyak lebih dari 3.000 pasangan suami istri yang resmi bercerai. Tak bisa dipungkiri faktor ekonomi paling menjadi pemicunya. Kasus perceraian di Majalengka mayoritas dilakukan oleh pasangan suami istri di bawah 30 tahun. 

4. Malang 

Pada 2021 jumlah putusan kasus cerai talak 621 kasus dan putusan cerai gugat di Malang mencapai 1.736 kasus. Total jumlah janda baru di 2021 ada sebanyak 2.357 orang. Beberapa penyebab di antaranya didominasi oleh perselingkuhan serta masalah ekonomi. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut