get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Perairan Cilacap Terdampak Tumpahan Minyak, Nelayan Berharap Segera Teratasi

Selasa, 28 Juni 2022 | 15:10 WIB
header img
Warga di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mengambil minyak mentah yang tumpah dari sebuah kapal tanker di perairan Dermaga Batere Cilacap. (Foto: Elde Joyosemito/iNews Purwokerto)

CILACAP, iNews.id - Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Cilacap, Sarjono berharap tumpahan minyak yang berada di perairan Kabupaten Cilacap segera teratasi. Pasalnya, dampak akibat pencemaran minyak ini jika tidak segera tertangani sangat berpengaruh terhadap nelayan kedepannya.

"Efek bagi nelayan kalau ada kebocoran seperti ini banyak sekali, terutama ke biota laut. Kalau seperti ini (tidak meluas) saya kira masih bisa dibersihkan. Tapi kalau yang sudah keluar ke perairan lepas itu yang bisa mematikan biota laut," kata Sarjono kepada wartawan, Selasa (28/6/2022).

Dia mengatakan, jika tumpahan minyak ini tidak segera ditangani dan meluas ke lautan lepas bisa berimbas pada menurunnya pendapatan ikan tangkap nelayan.

"Makanya saya minta pada pihak Pertamina supaya secepatnya membersihkan. Kalau ada kejadian seperti ini ikan biasanya berkurang, pendapatannya tidak seperti biasa, mungkin karena bau dari pada minyak itu," ujarnya.

Dia mengungkapkan, pada waktu normal, nelayan biasanya mendapatkan ikan sekitar 50-100 kilogram. Namun jika perairan Cilacap yang tercemar tumpahan minyak tidak segera ditangani, dimungkinkan pendapatan nelayan bisa menurun hingga 75 persen.

"Pas musim ikan biasanya bisa kena banyak, tapi kalau kayak gini ya bisa turun drastis sampai 75 persen dari penghasilan nelayan. Kalau normalnya nelayan harian bisa dapat 100 kilogram atau 50 kilogram. 

"Untuk dampak kembali normal lagi, harapan kami jangan terlalu lama, 1-2 hari atau seminggu sudah selesai dampaknya, supaya nelayan bisa melaut lagi dan mendapatkan hasil sesuai dengan harapan," ucapnya.

Dia sendiri mengungkapkan jika jumlah nelayan yang terdampak akibat tumpahan minyak ini belum didata. Namun dari dua daerah yang terdampak saat ini seperti wilayah Tambakreja dan Sentolo Kawat, setidaknya terdapat kurang lebih sekitar 2000-an nelayan.

"Nelayan yang terdampak belum kami data, Sementara baru wilayah Tambakreja sama Sentolo Kawat. Di dua daerah itu anggota kami kurang lebih 2000-an nelayan," ucapnya.

Dia menjelaskan jika kejadian serupa pernah terjadi sekitar 6-7 tahun lalu. Di mana imbas akibat pencemaran tumpahan minyak berdampak hingga waktu seminggu.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut