Logo Network
Network

Generasi Muda Ujung Tombak Indonesia, Erick Thohir: Jangan Kebiasaan Menjadi Penonton

Arbi Anugrah
.
Selasa, 05 Juli 2022 | 16:07 WIB
Generasi Muda Ujung Tombak Indonesia, Erick Thohir: Jangan Kebiasaan Menjadi Penonton
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkomitmen meningkatkan kesiapan para generasi muda untuk siap bersaing dalam era disrupsi. (Foto: Ist)

Erick menambahkan, pertumbuhan ekonomi tidak boleh hanya mengandalkan SDA, tetapi juga perlu diperkuat oleh knowledge based economy. Dengan memiliki growth mindset, generasi muda bisa menjadi lebih agile dan adaptif. 

Untuk mewujudkan kemandirian digital, BUMN tentu tak bisa sendirian. Untuk itu, Erick terus berkolaborasi dengan universitas dalam menciptakan link and match antara pendidikan dengan industri.

"Saya selalu senang datang ke kampus supaya ada link and match menyambungkan yang lulus untuk mendapat kerja. Saya bicara dengan para rektor, kalau memang industrinya akan tutup, ya jenis pelajaran mahasiwa tersebut harus dikurangi karena lapangan kerjanya tidak ada lagi atau hilang. Makanya perlu kerja sama BUMN dan universitas-universitas," kata Erick menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Erick juga menyaksikan nota kesepahaman (MoU) tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antara PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Unsoed, dan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto yang ditandantangani Direktur SDM dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman, Rektor Unsoed Akhmad Sodiq dan Rektor UNU Purwokerto Achmad Iqbal.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan ajang kuliah umum bersama Menteri BUMN Erick Thohir merupakan bentuk komitmen dan kolaborasi perusahaan dengan Kementerian BUMN dalam memajukan dunia pendidikan. Arif menilai pendidikan merupakan pembekalan paling dasar dalam menyiapkan generasi muda yang tangguh.

"Selain memberikan dukungan melalui penyelenggaraan kuliah umum bersama tokoh nasional, Pelindo juga menyalurkan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebanyak total 40 unit yang akan digunakan untuk pengembangan para mahasiswa di Unsoed dan UNU, selain itu kami juga membuka kesempatan magang di Pelindo," ujar Arif.

Sebagai bentuk tanggungjawab perseroan pada masyarakat pada tahun ini, lanjut Arif, Pelindo telah merumuskan tujuh program pendidikan yaitu program pelatihan dan sertifikasi pendidikan atau keahlian, program peningkatan kapasitas penyandang disabilitas, program peningkatan kualitas pendidikan, program BUMN bina olahraga, program beasiswa Pelindo, program dukungan pembangunan nasional untuk pendidikan, serta program pelatihan K3 komunitas pelabuhan. 

"Hingga Semester I 2022, komitmen Pelindo dalam memajukan pendidikan telah terealisasi melalui program-program yang telah diimplementasikan senilai Rp 3,1 miliar," kata Arif.

Rektor Unsoed Akhmad Sodiq menyambut positif sinergitas dengan BUMN yang akan meningkatkan kapasitas lulusan Unsoed dapat bersaing dalam dunia kerja. Sodiq menyampaikan terima kasih atas komitmen Erick yang terus mendorong kerja sama, baik melalui pengembangan kualitas pendidikan hingga program magang di BUMN.

"Mudah-mudahan kehadiran bapak Menteri Erick akan memantik mahasiswa untuk siap beradaptasi di era disrupsi," kata Sodiq.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini