get app
inews
Aa
Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Unsoed Kembangkan Teknik Terapi Psikologis untuk Anak Terdampak Pandemi Covid-19 di Pedesaan

Sabtu, 23 Juli 2022 | 08:49 WIB
header img
Dengan teknik yang terarah, dongeng bisa menjadi media yang sangat tepat dalam terapi psikologis pada anak terdampak pandemi. Foto Istimewa

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Tak pungkiri pandemi Covid-19 memberikan dampak besar dalam kehidupan manusia. Kondisi tersebut tak hanya menyasar orang dewasa saja, namun juga anak-anak. 

Bagi anak-anak, terlebih mereka yang tengah menjalani tumbuh kembang, pembatasan kegiatan selama pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi mereka. Hal ini yang menjadikan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melakukan kajian dampak pandemi covid-19 pada anak-anak Sekolah Dasar di wilayah pedesaan.

Bekerjasama dengan LPDP, Unsoed melakukan kajian dampak pandemi terhadap tumbuh kembang anak di daerah pedesaan pinggiran Kabupaten Banyumas, tepatnya di Kecamatan Lumbir. Di mana kajian tersebut minim dilakukan dan hanya menyasar pada dampak Covid-19 di wilayah perkotaan.

"Daerah pinggiran pedesaan selama ini lebih berperan sebagai pelaku pasif penerima kebijakan kota," ujar Prayogo Hadi Sulistio, S.Pd., M.Pd. selaku tim peneliti dalam keterangannya, Sabtu (23/7/2022).

Pembahasan kajian tersebut diungkap dalam acara Forum Group Discussion (FGD) Dampak Pandemi terhadap Anak, di SD Negeri 3 Lumbir pada Kamis, (21/7) lalu.

Prayogo mengungkapkan, dari hasil kajiannya tersebut trauma Covid-19 selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) ternyata menyimpan efek negatif berkepanjangan pada anak-anak jika tidak tepat saat penanganannya.

"Dari hasil kajian kami, trauma Covid-19 dan ketidaktepatan penanganan selama PJJ menyimpan efek negatif substansial yang bisa berlangsung berkepanjangan dan permanen khususnya pada anak-anak Sekolah Dasar," ungkapnya.

Disebutkan, diantara masalah yang muncul di Banyumas berdasarkan data wawancara dan observasi awal oleh tim peneliti adalah adanya stagnasi tingkat literasi siswa, penurunan konsentrasi belajar, penyalahgunaan gawai, peningkatan kecemasan atas bahaya covid dan ketidakstabilan emosi siswa.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut