get app
inews
Aa Read Next : 11 Mahasiswa Unsoed Belajar Satu Semester di LN, Ada yang di Spanyol, Irlandia hingga Rusia 

Kembangkan Wisata Jamu, Unsoed Berdayakan Masyarakat Kalibakung

Senin, 25 Juli 2022 | 06:14 WIB
header img
Tim peneliti Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melaksanakan riset dan pemberdayaan kepada masyarakat Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. (Foto Dok Unsoed)

Berbagai produk itu, diantaranya minuman, permen, serbuk jamu sehat, sabun cuci piring dan lantai berbahan herbal untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun  kelompoknya.

"Target berikutnya berupa peningkatkan produktivitas budidaya tanaman herbal, peningkatan kualitas dan standarisasi produk herbal mulai dari packeging, labeling dan perijinan pemasaran produk herbal yang sudah dilatihkan," ujarnya.

Kepala Klinik dan Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung Umi Diah Arti  menambahkan pihaknya sangat mendukung dan berterima kasih atas kerjasama yang dilakukan Tim PDKN) Unsoed.

"Yang dilakukan Unsoed sangat  membantu kami dalam mensosialisasikan, mengkampanyekan dan mempromosikan peran dari Klinik dan Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung  ke masyarakat sekitar dan masyarakat di luar Tegal,”katanya.

Sementara Kepala Desa Kalibakung Mujiono mengucapkan terima kasih dan mendukung  Tim PDKN Unsoed dalam kegiatan pemberdayaan budidaya dan pengolahan produk tanaman herbal . Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta,  untuk ditindaklanjuti dengan kegiatan berkesinambungan di masyarakat sebagai usaha kreatif dan produktif. 

Sementara itu kegiatan pelatihan dan pemberdayaan digelar sejak Jumat (15/7/22) hingga Jumat (29/7/2022) mendatang, dalam bentuk teori maupun praktek di lapangan. 

Untuk teori, para peserta diberi pengetahuan tentang jenis-jenis tanaman obat keluarga, minuman herbal, simplisia herbal (bahan herbal yang sudah dikeringkan), dan tips peliputan berita produk unggulan dan kawasan wisata sebagai promosi pemasaran.

Untuk materi praktik, di antaranya peserta diajari membuat produk minyak herbal, minuman herbal,sabun cuci tangan dan sabun lantai dari herbal, membuat produk simplisia serbuk herbal,praktek fotografi dan pembuatan video promosi untuk dipublikasikan melalui media massa dan media sosial seperti instagram dan facebook.

Para instruktur dalam kegiatan ini, lanjut Adhi Iman, mengundang pihak-pihak yang kompeten di bidangnya. Yakni dari Klinik WKJ Kalibakung, Ketua Perkumpulan Profesi Kesehatan Tradisional Ramuan Jamu Nasional (PPKestrajamnas), Fakultas Farmasi Unsoed, Fakultas Pertanian Unsoed, B2P2TOOT Tawangmangu dan jurnalis.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut