get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Semifinal Piala Thomas dan Uber, Nontonnya di Sini 

2 Bibit Siklon Tropis Mendekati Indonesia, BMKG Minta Wilayah Terdampak Waspada

Kamis, 28 Juli 2022 | 18:54 WIB
header img
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi dua bibit siklon tropis di dekat wilayah Indonesia. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Dua bibit siklon tropis terdeteksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi di dekat wilayah Indonesia. Dua bibit siklon tropis tersebut diantaranya 95S dan 93W.

BMKG mengungkapkan bibit siklon tropis 95S terpantau berada di Samudra Hindia utara, sebelah barat daya Bengkulu dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1006.4 mb. Sedangkan bibit siklon tropis 93W terpantau berada di Laut Filipina.

“Dari citra satelit Himawari-8 kanal IR menunjukkan adanya aktivitas konvektif yang cukup persisten di sekitar sistem dalam 12 jam terakhir,” tulis BMKG dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (28/7/2022).

Sementara dari analisis BMKG, bibit siklon tropis 95S ini bergerak ke arah tenggara menjauhi wilayah Indonesia. Potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori sedang.

Selain itu, BMKG juga mendeteksi bibit siklon tropis 93W terpantau berada di Laut Filipina dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 1002.0 mb. Dari citra satelit Himawari-8 kanal IR menunjukkan adanya aktivitas konvektif yang cukup signifikan dalam 12 jam terakhir di sekitar pusat sistem.

Dari analisis BMKG, bibit siklon tropis 93W bergerak ke arah barat-barat laut menjauhi wilayah Indonesia. Potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori tinggi.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut