get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Sepatu Bata yang Sudah Ada Sebelum Kemerdekaan, Kini Pabriknya Berhenti Beroperasi

Mengenal Sejarah Bendera Merah Putih, Makna dan Ukuran

Senin, 01 Agustus 2022 | 18:40 WIB
header img
Sejarah Bendera Merah Putih, makna dan ukuran wajib diketahui warga setiap warga negara Indonesia. Foto/ist

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id Sejarah Bendera Merah Putih, makna dan ukuran wajib diketahui warga setiap warga negara Indonesia. Selain sebagai lambang negara, bendera Merah Putih juga merupakan identitas bangsa yang diatur dalam UUD 1945.

Memasuki awal bulan Agustus, hampir seluruh warga negara Indonesia menyambutnya dengan penuh semangat. Umbul-umbul, lampion, hingga bendera Merah Putih tampak semarak menghiasi hampir seluruh jalanan yang ada di seluruh pelosok negeri. Semua dilakukan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan tiap tanggal 17 Agustus.

Meski demikian, kemerdekaan yang diraih saat ini bukan didapat begitu saja, namun dilakukan dengan penuh perjuangan para pahlawan untuk meraih Kemerdekaan. Sehingga, bendera Merah Putih yang saat ini terus berkibar, juga memiliki sejarah panjang sebagai indentitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Sejarah Bendera Merah Putih

 
Dilansir dari kebudayaan.kemendikbud.go.id, sejarah kelahiran Bendera Merah Putih dilatarbelakangi oleh izin kemerdekaan dari Jepang pada tanggal 7 September 1944. Jepang berjanji untuk memberikan kemerdekaan kepada para pejuang untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Chuuoo Sangi In (badan yang membantu pemerintah pendudukan Jepang terdiri dari orang Jepang dan Indonesia) menindaklanjuti izin tersebut dengan mengadakan sidang tidak resmi pada tanggal 12 September 1944, dipimpin oleh Ir Soekarno.

Pada sidang tersebut dibahas mengenai pengaturan pemakaian bendera dan lagu kebangsaan di seluruh Indonesia. Hasil dari sidang ini adalah pembentukan panitia bendera kebangsaan merah putih dan panitia lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut