get app
inews
Aa Read Next : Mulai 22 Januari Pendakian Gunung Prau Ditutup Total hingga April 2024

Wisata Sejarah di Dieng dengan Pesona Alam Desa yang Buat Nyaman

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 19:23 WIB
header img
Dieng yang berada di perbatasan antara Wonosobo dan Banjarnegara menjadi salah satu daerah terdingin di Indonesia. (Foto: Elde Joyosemito)

Saat berkunjung ke Dieng jangan lupa membeli oleh-oleh khas Dieng satu ini ya, karena memiliki sederet manfaat vitamin mulai dari vitamin C, vitamin A, Vitamin B Complex, Vitamin E, dan arginine yang bermanfaat untuk membunuh sel kanker. 

Selain Kentang dan Carica, komoditas lainnya yang menjadi ciri khas Dieng yakni Purwaceng. Akar purwaceng biasanya diolah menjadi bubuk atau serbuk. Purwaceng juga memiliki sederet manfaat mulai dari melancarkan peredaran darah, mencegah kanker, hingga menambah stamina pria. 

“Purwaceng itu ibaratnya ginsengnya Indonesia, dengan mengkonsumsi Purwaceng badan bisa menjadi sehat selalu, darah menjadi lancar ,” Alif Ketua POKDARWIS Desa Dieng Kulon 

Saat menghadapi pandemi banyak UMKM terkena dampaknya seperti para UMKM oleh-oleh khas Dieng ini, mereka merasakan dampak penjualan yang turun secara signifikan selama pandemi Covid-19.

Pengusaha UMKM TRI SAKTI oleh-oleh khas Dieng, Hasta Priyandono mengungkapkan penjualan oleh-oleh selama pandemi sangat turun. 

“Iya selama pandemi penjualan oleh-oleh terasa sangat menurun signifikan, solusi agar tetap bertahan yaitu dengan menjaga cita rasa resep-resep orang tua yang sudah turun menurun agar pelanggan tetap setia,” ucapnya.

Selain berburu oleh-oleh makanan atau kuliner khas Dieng, kamu juga bisa berburu oleh-oleh kerajinan tangan yang unik dari para seniman mulai dari wayang, gantungan kunci hingga tongkat batik. Harga kerajinan tangan, muli dari gantungan kunci Rp5.000, tongkat Rp30.000 dan wayang Rp50.000-Rp150.000.  

Selain memberikan pengalaman tak terlupakan mulai dari wisata edukasi, kuliner, sejarah, hingga alam. Kamu amu jg bisa menemui beragam bukan oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Desa di Atas Awan ini, dengan #BeliKreatifLokal, kamu membantu mengembangkan perekonomian warga sekitar.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut