get app
inews
Aa Read Next : Sederet Bisnis Jerome Polin dan Jehian Panangian, Miliarder Muda di Usia 20-an

Dulu Nangis Tiap Hari Ditekan Ibu Tiri, Pernah Jadi Pembantu, Kini Miliarder

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:24 WIB
header img
Erlyanie dari pembantu rumah tangga, kini jadi miliarder. (Foto IG Erlyanie)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Perjalanan hidup seseorang bisa sangat berubah. Begitu dengan Erlyanie yang kini jadi miliarder. Padahal, dulu dia menangis setiap hari ditekan ibu tiri. Bahkan pernah menjadi pembantu atau asisten rumah tangga (ART). 

Memang, dia kini adalah seorang founder dan CEO B Erl Cosmetics. Label kosmetiknya diluncurkan pada Februari 2017 dan pada Agustus 2019, member-nya mencapai 30.000. Namun, sesungguhnya kalau menyibak masa lalu, pernuh dengan derai air mata.

Erlyanie merupakan anak desa ini memilih merantau ke Jakarta bersama tantenya setelah lulus Sekolah Dasar (SD). Alasannya hijrah ke Jakarta karena tidak kuat dengan tekanan yang diterima dari ibu tirinya.  

"Di sana tekanan ibu tiri harus nahan nangis tiap hari. Jadi pagi terima ijazah (SD), siang pamit dan ayah karena tahu aku akhirnya diizinkan. Aku ikut tante ke Jakarta," kata dia, dikutip dari channel YouTube Christina Lie. 

Sesampai di Jakarta, dia bingung ingin bekerja apa. Pasalnya, usia Erlyanie saat itu baru 13 tahun. Akhirnya, karena selama ini yang dia ketahui orang desa ke kota menjadi ART, Erlyanie pun ingin menjadi ART.   

Dia bekerja menjadi ART di rumah teman tantenya pada 2000 selama 6 bulan. Dengan hasil pekerjaan yang belum maksimal saat itu, seperti menyeterika kurang halus, dia hanya dibayar Rp100.000 per bulan. 

Lalu dia pindah ke majikan lain. Tetapi di majikan kedua ini, dirinya malah tidak digaji lantaran dianggap sebagai anak sendiri.  

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut