get app
inews
Aa Read Next : Perpisahan Tragis Park Hang-seo dengan Vietnam Ditandai dengan Kegagalan

Pelatih Vietnam Pernah Pamer TC di Jerman, Timnas Indonesia yang Hanya di Yogya Bisa Mengalahkan

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:24 WIB
header img
Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, sempat pamer ke Bima Sakti kalau Training Center (TC) alias pemusatan latihan di Jerman. Namun, Timnas Indonesia yang juara. (Foto IG PSSI)

Sedangkan, Tim Merah-Putih hanya mempersiapkan diri dengan berlatih di UNY saja. Mereka juga hanya melakukan laga uji coba dengan beberapa tim lokal, seperti Porprov DIY U-20 dan Porda Sleman U-20. Bahkan, mereka kalah 0-2 dari Porprov DIY U-20. 

Namund demikian, kini hasilnya jelas terlihat. Pemusatan latihan di Jerman tak membuahkan prestasi bagi Vietnam dan hanya membuat mereka gigit jari saja di partai final. 

Pernyataan Tuoc Quan tersebut dijawab oleh Bima Sakti dengan prestasi yang sangat gemilang. Dia mengantarkan Indonesia merengkuh gelar juara Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, lewat gol semata wayang Muhammad Kafiatur Rizky pada menit 45+1. 

Bahkan, Indonesia mengalahkan The Golden Star dua kali dalam ajang ini. Sebelumnya, pada laga terakhir Grup A, Nguyen Cong Phuong dkk juga dipermalukan dengan skor tipis 1-2 oleh anak-anak Ibu Pertiwi. 

Menurut juru taktik berusia 46 tahun itu yang terpenting adalah kerja keras dan perjuangan yang diberikan para pemainnya di atas lapangan, bukan masalah lokasi pemusatan latihan yang terlihat hebat. 

Hasilnya pun tak main-main, Pasukan Garuda Muda mampu menyabet gelar juara Piala AFF U-16 untuk kedua kalinya. 

Di sisi lain, Quoc Tuan malah mempermalukan dirinya sendiri di partai final dengan diganjar kartu merah oleh wasit karena terlalu banyak melakukan protes di pinggir lapangan. 

Bahkan, pada laga fase grup kontra tim tuan rumah, dia juga diberi kartu kuning oleh sang pengadil dengan alasan yang sama. 

Seperdi diketahui, Timnas Indonesia juara Piala AFF U-16 2022 usai menang 1-0 atas Vietnam pada final di Stadion Maguwoharjo, Jumat (12/8/2022) malam. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut