get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga

Di Barus Tapanuli Tengah Islam Pertama Kali Masuk ke Nusantara

Rabu, 10 November 2021 | 05:31 WIB
header img
Presiden Jokowi saat berada di Komplek Pemakaman Muslim Mahligai di Barus, Tapanuli Tengah, Sumut. (Foto: Setpres)

ISLAM pertama kali masuk ke Nusatara bukan di Aceh atau Pulau Jawa, tetapi di Barus, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara

Barus menjadi kota penyebaran agama Islam pertama di Nusantara.  Penyebaran agama Islam di Nusantara dimulai dari perjalanan para sahabat dan saudagar Islam singgah ke Barus, Tapanuli Tengah.

Barus berjarak 290 kilometer dari Kota Medan, ibu kota Sumatera Utara. Jika ditempuh melalui jalur darat memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan. 

Nah, Presiden Joko Widodo beserta rombongan pernah mengunjungi Kota Barus sekaligus berziarah ke pemakaman Muslim di sana. 

Selain itu Presiden Jokowi juga meresmikan Tugu Titik Nol Pusat Peradaban Islam Nusantara, yang ada di Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara pada Jumat 24 Meret 2017 lalu. 

Dari Kota Sibolga, butuh waktu perjalanan darat sekitar 2 jam saja. Barus merupakan tempat bersejarah peradaban dan masuknya Islam. Baca Juga: Bahaya Ghibah Termasuk di Medsos Bikin Bangkrut di Akhirat Posisi Barus yang terletak di pinggir Pantai Barat Pulau Sumatera dan berhadapan langsung dengan lautan lepas Samudra Hindia membuatnya dikenal oleh dunia pada abad ke-7. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut