get app
inews
Aa Read Next : Dosen IT Telkom Purwokerto Latih Digital Marketing untuk Anggota KPMD 

Mengemas Pesan Secara Visual, Simak Caranya

Kamis, 11 November 2021 | 15:15 WIB
header img
Program Studi Sains Data Institut Teknologi Telkom Purwokerto telah berhasil menggelar acara bertajuk, Webinar Infografis, Mengemas Pesan Secara Visual.

PURWOKERTO, iNews.id - Program Studi Sains Data  Institut Teknologi Telkom Purwokerto telah berhasil menggelar acara bertajuk, Webinar Infografis : Mengemas Pesan Secara Visual.  Narasumber dalam acara itu adalah Dosen Prodi DKV ITTP, Arsita Pinandita, selaku narasumber acara dan turut hadir pula Kaprodi Sains Data ITTP, Siti Khomsah.

Tujuan dibuatnya acara ini ialah untuk mengenalkan ilmu visualisasi data, khususnya infografis. Tidak semua orang khususnya orang awam bisa tahan membaca data mentah atau yang biasa dikenal sebagai raw data.

Kaprodi Sains Data ITTP  Siti Khomsah menyatakan bahwa penting untuk mempelajari ilmu visualisasi data. “Visualisasi data tidak melulu tentang pemrograman, tidak hanya menampilkan grafik menggunakan histogram dan scatterplot. Selain itu juga bagaimana menata informasi secara visual hasil dari analisis data tersebut, baik dari pewarnaan, tata letak, kemudian fokus informasi yang ingin disampaikan seperti apa dan karena itulah kita belajar tentang infografis,”jelasnya.

Menurut Arsita Pinandita, data sains di era teknologi seperti sekarang ini merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan. Di antaranya salah peranannya yaitu untuk memprediksi tren atau peristiwa ke depannya akan seperti apa. “Kita tidak hanya dituntut untuk mempunyai kemampuan teknis tersebut, tetapi kita juga harus bisa menuangkan segala informasi tersebut agar mudah dicerna oleh orang lain,”ujarnya.

Arsita menambahkan,”Ketika di data science kita belajar memprediksi bagaimana pola untuk membaca gejala dan bagaimana data-data yang saling terkoneksi tersebut bisa disampaikan secara sederhana kepada publik, di situlah bentuk visual yang saat ini lazim dikenal oleh netizen.”

Ditambahkannya, yang menjadi persoalan adalah bagaimana data-data tadi bisa diwujudkan menjadi visual yang mudah dibaca oleh semua orang. Dewasa ini sudah banyak tools atau software di platform digital yang memungkinkan semua orang untuk berkarya tanpa harus belajar tentang desain komunikasi visual sebelumnya.

“Contohnya kita bisa memanfaatkan software Canva, Adobe Illustrator, Adobe Photosop, Corel Draw, atau yang lebih mudah bisa memanfaatkan file-file digital dalam format Vector sudah sangat banyak beterbaran di internet. Hal tersebut tentu membuka peluang bagi semua orang untuk menjadi desainer grafis terkait bagaimana mewujudkan infografis tersebut menjadi visual yang baik,”katanya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut