SEMARANG, iNewsPurwokerto.id - Pemprov Jawa Tengah (Jateng) melalui Dinas Koperasi dan UKM, Hetero Space, Lapak Ganjar berkolaborasi dan Lazada Indonesia (Lazada) menggelar Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (Akar) Digital Indonesia untuk Jateng.
Gerakan Akar Digital Indonesia yang digagas Lazada merupakan program edukasi dan pendampingan dengan metode “tetok tular” yang akan membantu onboarding teman-teman UMKM Desa masuk ke marketplace yang akan didampingi oleh Sarjana Muda Penggerak Desa dari program PKKP.
Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo mengatakan sejalan dengan misi Lazada untuk mempercepat kemajuan di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi, sejak lama Lazada berkomitmen untuk memberdayakan para pelaku UMKM di Indonesia.
“UMKM merupakan pilar penggerak perekonomian nasional. Kami senang bisa berkolaborasi dengan Pemprov Jateng melalui Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Hetero Space, dan Lapak Ganjar,”katanya pada Selasa (20/9/2022).
Dia berharap Gerakan Akar Digital Indonesia untuk Jateng tersebut bisa mendorong para pelaku UMKM. Sehingga dapat mencapai sukses di dunia digital dan dan mampu berkontribusi secara signifikan bagi ekonomi digital di Indonesia.” Gerakan Akar Digital Indonesia menggaet 50 Sarjana Muda PKKP yang akan mendampingi 100 teman-teman UMKM Desa.
Program ini akan memberikan pelatihan seputar bagaimana cara berkembang di marketplace mulai dari kesiapan berbisnis, branding, foto produk, manajemen hubungan pelanggan hingga tips dan trik berjualan melalui Lazada melalui bootcamp yang dilaksanakan selama dua hari. Lokasinya di Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang.
Sementara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan program Gerakan Akar Digital Indonesia Lazada untuk UMKM ini didesain tidak hanya sebagai program pelatihan sekali jalan, tapi menjadi program yang berkelanjutan. “Sehingga dapat memberijkan manfaat yang luas bagi UMKM Desa di seluruh Jateng,”ungkapnya.
Sementara 20-21 September 2022 berlangsung program bootcamp Akar Digital Indonesia Lazada yang berlokasi di Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunung Pati.
Program ini bertujuan memberikan pembekalan kepada para peserta Gerakan Akar Digital Indonesia Lazada dengan materi seputar persiapan dan strategi untuk berkembang berjualan di platform e-commerce. Peserta dari program bootcamp ini adalah 100 UMKM dari desa-desa di jawa tengah dan 50 orang terpilih dari Peserta PKKPP 2022.
“Para UMKM harus tetap di dampingi dan dibimbing bagaimana bisa memiliki product knowledge yang baik. Salah satunya adalah hetero space yang dilakukan secara berkelanjutan dengan gaya yang kekinian,”kata Ganjar.
UMKM adalah penggerak bagi perekonomian Indonesia. Tidak hanya itu, UMKM harus dibina menuju digitalisasi dan mampu mencapai target ekonomi digital Indonesia di tahun 2024.
“Sesuai arahan dari Presiden Jokowi,”kata Direktur Executive Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo. Gerakan Akar Digital Indonesia untuk Jawa Tengah ini diharapkan tidak hanya menjadi program seremonial yang sekali jalan, tapi bisa menjadi program yang memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi UMKM di Desa.
Editor : EldeJoyosemito