get app
inews
Aa
Read Next : Lagi Rapat Anggota Parlemen Ukraina Ledakan 3 Granat Tangan, 26 Politikus Langsung Tumbang

Sebut Barat Tak Ingin Rusia-Ukraina Berdamai, Putin Teken Dekret Mobilisasi Militer

Rabu, 21 September 2022 | 14:55 WIB
header img
Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu (21/9/2022), memerintahkan mobilisasi militer parsial untuk mengerahkan pasukan cadangan ke Donbass, Ukraina. Foto/REUTERS/Maxim Shemetov.

LONDON, iNewsPurwokerto.id - Ketegangan antara Rusia dan Ukraina masih terus berlanjut akibat campur tangan negara Barat. Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu (21/9/2022), memerintahkan mobilisasi militer parsial untuk mengerahkan pasukan cadangan ke Donbass, Ukraina. 

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Putin mengatakan jika negara-negara Barat tak ingin Rusia dan Ukraina berdamai, bahkan ingin menghancurkan Rusia. Mobilisasi militer parsial ini merupakan mobilisasi militer pertama yang dilakukan Rusia sejak Perang Dunia II.

Putin mengatakan mobilisasi parsial, yakni mengerahkan sebagian dari 2 juta pasukan cadangan, bertujuan untuk mempertahankan Rusia dan wilayahnya. Dia menyebut jika negara Barat, terutama Amerika Serikat (AS) dan sekutu NATO, menjadi sponsor utama persenjataan Ukraina dalam perang melawan Rusia.

“Untuk melindungi tanah air, kedaulatan, saya merasa perlu untuk mendukung keputusan Staf Umum mengenai mobilisasi parsial,” katanya, dikutip dari Reuters.

Dia pun menegaskan kembali tujuan operasi militer khusus Rusia di Ukraina yakni membebaskan Donbass di Ukraina timur. Menurut Putin, sebagian besar penduduk Donbass, meliputi Donetsk dan Luhansk, tidak ingin kembali dalam penindasan kelompok neo-Nazi Ukraina.

Negara Barat, lanjut dia, juga terlibat dalam 'pemerasan nuklir', namun Rusia punya banyak senjata untuk membalas. Untuk ancaman yang satu ini Putin menegaskan dirinya tidak menggertak.

"Jika integritas teritorial negara terancam, kami menggunakan semua cara yang ada untuk melindungi rakyat, ini bukan gertakan," kata Putin.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut