get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Sulaiman Al Rajhi, Pendiri Bank Islam Terbesar di Dunia yang Tak Pernah Absen Berderma

Kisah Negara Terkaya di Dunia Penghasil Fosfat yang Kini Jatuh Miskin

Minggu, 16 Oktober 2022 | 12:37 WIB
header img
Kisah Negara Terkaya di Dunia Penghasil Fosfat yang Kini Jatuh Miskin (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kisah negara terkaya di dunia penghasil fosfat atau unsur dalam suatu batuan beku (apatit) yang kini jatuh miskin. Negara itu adalah Nauru, sebuah negara mungil di Pasifik, yang dulunya kaya dengan mengandalkan hasil pertambangan

Sebelum tahun 1980, Nauru menjadi negara terkaya secara global jika dihitung per kapita. Negara berpenduduk sekitar 10.000 jiwa itu memiliki cadangan fosfat dalam jumlah besar yang ditemukan pada akhir abad ke-19 diseluruh penjuru pulau di negara tersebut. 

Aktivitas penambangan besar-besaran mulai dilakukan setelah merdeka pada 1968, bahkan mampu meningkatkan pendapatan negara saat itu. Tonjolan 4 km di bawah laut menunjukkan jika Nauru kaya akan logam yang penting bagi industri energi bersih, seperti kobalt, nikel, dan mangan.

Namun kini Nauru mengalami apa yang disebut sebagai kutukan sumber daya alam, masa-masa kejayaan itu kini telah lewat. Negara itu mengalami penurunan ekonomi secara drastis, begitu pula cadangan fosfat yang habis pada era 1980-an.

Disebut kutukan karena dampaknya akibat penambangan besar- besaran itu kini dirasakan panjang. Nauru dan penduduknya mengalami serangkaian masalah. Pertambangan fosfat secara besar-besaran itu meninggalkan dampak global terhadap kerusakan lingkungan.

Sekitar 80 persen pulau yang berada di negara itu kini mendapat label tanah kosong yang tak bisa dimanfaatkan, bahkan untuk lahan pertanian sekalipun. Saat ini, sekitar 50 persen rumah tangga di Nauru harus bertahan hidup dengan penghasilan rata-rata hanya 9.000 dolar AS per tahun.

Fosfat benar-benar menghancurkan bisnis yang sebelumnya berhasil dikembangkan di negara itu. Tingkat pengangguran di Nauru pada 2011 berada di kisaran 23 persen.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut