get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga

Mengenal Masyarakat Adat Kalitanjung, Punya Keteguhan Prinsip Meskipun Sekitarnya Heterogen

Senin, 03 Oktober 2022 | 17:11 WIB
header img
Kasepuhan Kalitanjung menggelar ritual jamasan pusaka. (Foto: Elde Joyosemito)

Selain itu, masyarakat adat Kalitanjung juga dibatasi ada catatan-catatan norma yang harus mereka taati. Seperti anak muda meskipun keturunan Kalitanjung belum bisa dideklarasikan sebagai penganut kalau belum berusia 60 tahun dan harus mengikut ritual khusus. 

"Ada laku, janji dengan konsekuensi satu di antaranya saat sudah janji ke Sang Hyang Widhi, kalau melanggar harus siap mati saat itu juga kalau dilanggar. Ternyata masih ada komunitas adat yg masih melestarikan seperti ini," ujarnya.

Yon mengatakan, masyarakat adat Kalitanjung cenderung open minded, dan patuh sekali terhadap janji mereka, tidak sembarang orang bisa masuk ditasbihkan menjadi masyarakat adat Kalitanjung.

"Dalam keyakinannya, mereka tidak boleh memiliki hak yang bukan miliknya. Jadi ketika ada pelaku money politik ini menjadi satu pelanggaran bagi lakunya masyarakat adat Kalitanjung," kata dia.

Menurutnya, hal ini menjadi spesial, karena masyarakat sudah mendeklarasikan diri, ditasbihkan menjadi masyarakat adat sehingga harus jujur.

"Dan tidak berharap memiliki sesuatu yang bukan haknya. Mereka punya nilai-nilai leluhur yang sangat universal," katanya.

 

 

 

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut