Logo Network
Network

Tranformasi Pendidikan Menjawab Tantangan Zaman

Tim iNews Purwokerto
.
Jum'at, 04 November 2022 | 17:05 WIB
Tranformasi Pendidikan Menjawab Tantangan Zaman
Tegar Roli A., S.Kom.I., M.Sos

Artinya, hari ini pendidikan sangat bergantung pada teknologi modern dan internet agar pendidikan tidak lagi akan terhambat dan generasi muda bisa belajar dengan aman dan nyaman. Dilihat dari profesionalisme dunia pendidikan menjadi salah satu faktor signifikan terhadap masa depan bangsa Indonesia. Untuk itu, kapasitas dan kapabilitas guru atau pendidik harus selaras dengan pesatnya perkembangan zaman. 

Dengan tekologi transformasi ini juga telah membantu terfasilitasinya pengembangan diri lebih dari 724 mahasiswa melalui Kampus Merdeka. Bahkan ada lebih dari 2.700 minta industry dalam kampus merdeka. Tidak cukup sampai disitu, bahkan baru-baru ini tercatat 13 ribu praktisi ikut serta tergabung dalam program Praktisi Mengajar. 

Profesionalisme dunia pendidikan menjadi salah satu faktor signifikan terhadap masa depan bangsa Indonesia. Untuk itu, kapasitas dan kapabilitas guru atau pendidik harus selaras dengan pesatnya perkembangan zaman. 

Fokus Pendidikan adalah Murid

Guru harus selalu melakukan inovasi dan menambah pengalaman untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi murid. Itu artinya, guru harus bisa memahami karakteristik masing-masing anak didiknya. Karena setiap anak itu unik, maka guru harus terus belajar, mencari ide untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemukan di kelas dengan memperbanyak referensi untuk pengetahuan. 

Misalnya saja dalam Platform Merdeka Mengajar, dari platform itu selain menyediakan referensi pengajaran dan peningkatan kompetensi, produk dalam platform ini juga hadir dengan paradigma dan sudut pandang mengajar baru bagi 1,8 juta tenaga pengajar Tanah Air. Selain menjadi penambah referensi mengajar, juga dapat membantu tenaga pengajar untuk memahami Kurikulum Merdeka.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.